website speed

10 Rekomendasi dari Facebook untuk Percepat Website Speed Anda

Posted on Posted in Social Media

10 Rekomendasi dari Facebook untuk Percepat Website Speed Anda – Website speed sepertinya benar-benar menjadi pertimbangan Facebook. Siapa yang paling cepat, maka dia yang akan mendominasi.

Facebook selalu mengutak-atik algoritma mereka. Algoritma ini membantu menentukan apa yang user ingin lihat atau tidak. Semua tentu saja sebagai upaya untuk menarik engagement dari pengguna Facebook.

Salah satu dampak terbaru dari update algoritma ini adalah kecepatan situs website (website speed). Sepertinya ini menjadi poin utama bagi Facebook, yaitu fokus pada kecepatan situs website terutama melalui perangkat mobile.

Facebook sadar bahwa 40 persen pengguna akan meninggalkan situs setelah menunggu lebih dari tiga detik untuk memuat halaman. Karena itulah, Facebook sebelumnya sudah meluncurkan Facebook Canvas dan Instant Article untuk memberikan solusi pada situs website yang terlalu lama loadingnya. Mari kita lihat ada apa saja pada update algoritma kali ini.

Memprioritaskan Website Speed

“Dengan pembaruan ini, kami akan segera memperhitungkan taksiran waktu muat halaman web yang diklik seseorang dari tautan manapun di beranda Facebook melalui perangkat seluler. Faktor-faktor seperti koneksi jaringan pengguna dan kecepatan umum dari halaman web yang sesuai akan dipertimbangkan. Jika sinyal menunjukkan halaman web dimuat dengan cepat, tautan ke halaman web tersebut mungkin akan lebih sering terlihat pada timeline pengguna”

Seperti yang telah dinyatakan Facebook di atas, pembaruan ini tampaknya hanya berdampak pada versi mobile. Website speed yang lama tidak selalu menjadi prioritas kecil di Facebook, begitu pula sebaliknya. Hal ini dikarenakan masih banyak faktor yang bisa mempengaruhi untuk dipertimbangkan Facebook. Apakah ini mengarah pada Instant Article?

Memang, Instant Article di Facebook adalah alternatif sebuah halaman website yang dihosting oleh Facebook. Karena di dalam server Facebook sendiri, maka proses muat halaman website akan jauh lebih cepat. Secara teori, cara ini bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Facebook mengatakan bahwa proses update akan mereka lakukan secara bertahap. Berapa banyak dampaknya pada produk Anda? Tentu tidak bisa mengatakannya sekarang. Namun karena mereka sepertinya memprioritaskan loading halaman website, tidak ada salahnya untuk tingkatkan website speed milik Anda mulai sekarang.

Rekomendasi Facebook untuk Meningkatkan Website Speed

Facebook sendiri memberikan 10 rekomendasi untuk membantu meningkatkan kecepatan website Anda.

  1. Minimalkan landingpage redirects, plugin, dan link shorteners.
  2. Kompres file yang terlalu besar untuk mengurangi rendering di mobile.
  3. Meningkatkan waktu respon server dengan memanfaatkan hosting multi region.
  4. Hapus javascript render-blocking.
  5. Gunakan konten yang berkualitas untuk menjangkau audience dengan cepat.
  6. Hapus beberapa plugin atau data yang tidak mempengaruhi bagaimana website Anda diproses oleh browser (SEO).
  7. Gunakan gambar yang tidak terlalu besar untuk mengurangi ukuran file tanpa mengurangi kualitas visual.
  8. Kurangi banyaknya konten dan lebih prioritaskan konten visual.
  9. Gunakan script asynchronous untuk percepat waktu render website.
  10. Sesuaikan konten dengan koneksi atau device yang lebih lambat.

Baca Juga: 7 Tools Analytics Instagram untuk Strategi Sosial Media Marketing Terbaik

Tools untuk Mengetahui Website Speed Anda

Berikut ini ada lima tools untuk membantu mengetahui berapat kecepatan website Anda dan bagaimana cara meningkatkannya.

Google PageSpeed Insights

Ini adalah salah satu tools dari Google yang bisa Anda coba untuk mengetahui website speed Anda dalam versi mobile maupun desktop. Kenapa tools ini direkomendasikan? Karena Google PageSpeed ini juga menyediakan daftar rekomendasi khusus untuk membantu meningkatkan kecepatan website.

Page Speed

 

Ini adalah salah satu add-on Firefox yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menguji halaman atau website yang sedang Anda lihat.

YSlow

 

Ini adalah extension Chrome gratis dari Yahoo. Tentu saja, fungsi utamanya adalah menyediakan informasi kecepatan situs. Hanya saja, banyak yang menganggap YSlow terasa sangat kuno dan ketinggalan jaman.

WebPagetest

 

Dotcom-Monitor

 

Tools ini mencakup pengukuran webiste di 23 lokasi dan juga tujuh browser. Dotcom-Monitor juga melakukan pengukuran pada saat visit pertama kali dan kedua kalinya, karena hal itu menurut mereka berbeda pada website speednya. Sekarang Anda bisa melakukan test website speed pada halaman website Anda.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *