cara beriklan di WhatsApp

6 Cara Beriklan di Whatsapp yang Mudah, Murah, Dan Menjanjikan

Posted on Posted in Marketing Online

Bagaimana cara beriklan di WhatsApp? Dan apakah keuntungannya jika diterapkan dalam WhatsApp marketing?

WhatsApp, selain menjadi aplikasi messenger yang populer lantaran menawarkan sejumlah fitur menarik juga berhasil mendulang eksistensi yang patut diperhitungkan. Dengan bermodalkan kejelian dan kecerdasan, WhatsApp ternyata menjadi tempat yang recomended untuk Anda melakukan promosi.

Dan yang saat ini sering diandalkan para pedagang baik online maupun offline, adalah menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Karena sudah bisa menjadi auto responder.

Sayangnya, belum banyak orang mengetahui bagaimana cara beriklan di WhatsApp agar penerima tertarik dan tidak memandangnya sebagai “sampah”. Untuk itu perlu bagi Anda mengenali teknik-teknik khusus yang akan melancarkan upaya Anda ini.

Apa saja ya kira-kira? Berikut informasi selengkapnya untuk Anda.

1. Cara Beriklan di WhatsApp dengan Memanfaatkan Interaksi di Grup

Sebenarnya tidak masalah saat Anda mempunyai keinginan untuk langsung berjualan. Namun ada baiknya jika Anda melakukan interaksi dengan anggota grup lebih dahulu. Jika Anda sudah akrab dengan member grup tersebut, tentu Anda akan lebih mudah menawarkan produk yang akan Anda jual.

Pada tahap ini, Anda juga dituntut mampu menyulap cold market (belum atau baru mengenal) menjadi warm market (berpotensi untuk menjadi customer). Dan inilah salah satu strategi yang HARUS dilakukan dalam WhatsApp marketing. Mengingat cara beriklan di WhatsApp gampang-gampang susah, Anda pun harus teliti dalam mengambil langkah.

2. Call to Action

Menjadikan WhatsApp sebagai perantara untuk Anda mendulang uang tidak beda jauh dengan menggalakkan promosi agar banyak orang berminat dengan produk yang Anda tawarkan. Salah satu alternatifnya ialah dengan menggunakan call to action (CTA).

Contoh kalimat yang bisa Anda pakai untuk cara beriklan di WhatsApp ke-2 ini antara lain :

  1. Siapa cepat dia dapat
  2. Ayo, segera order dan raih promo sampai 30 %
  3. Beli sekarang, kontak ke nomor 0815xxxx
  4. Khusus untuk pembelian hari ini…
  5. Pesan sekarang sebelum kehabisan

Cara ini dilakukan agar orang yang Anda kirim pesan tersebut segera melakukan tindakan. Memang belum menjamin bahwa setiap orang akan melakukan seperti yang Anda minta, namun penggunaan CTA ini sangat wajib Anda lakukan dalam setiap kegiatan promosi.

3. Cara Beriklan di WhatsApp dengan Melakukan Broadcast

Banyak orang yang keliru soal anggapan broadcast (BC). Anda, jangan sampai menirunya. Langkah terbaik untuk BC lewat WhatsApp adalah dengan membagikan 3 sampai 4 informasi yang berguna bagi kontak Anda. Info yang Anda share ini bisa berupa tips atau materi yang berguna. Setelahnya, Anda bisa broadcast iklan.

Rutin sharing tips dan materi secara konsisten merupakan cara beriklan di WhatsApp yang disarankan. Anda bisa mengandalkan buku atau internet untuk mengalokasikan trik yang ketiga ini.

4. Cara Beriklan di WhatsApp dengan Materi Headline yang Menarik

Pakai hypnotic writing agar orang penasaran dan mau membaca chat yang kita bagikan. Setelahnya, Anda bisa mengandalkan copywriting pada materi postingan chat yang mampu mengarahkan calon prospek menjadi pembeli.

Sederhananya, cara beriklan di WhatsApp dengan teknik ini adalah:

  1. Gunakan font bold
  2. Aplikasikan kata hypnotic
  3. Bubuhkan frase yang menimbulkan keingintahuan pembaca
  4. Pasang kata-kata yang komersial

5. Status bergambar

Konsep yang diusung pada cara beriklan di WhatsApp yang selanjutnya hampir mirip dengan BBM (Black Berry Messenger). Anda bisa mengubah tampilan profile picture tiap 2 jam sekali. Hal ini dimaksudkan agar masuk ke notifikasi dan kontak Anda tahu tentang informasi profile picture yang Anda post.

Pakailah poster dengan gambar yang unik, warna yang berani, judul yang besar, dan mudah dibaca oleh pengguna WA.

6. Cara Beriklan di WhatsApp Melalui JAPRI

Terobosan ini lebih personal dibandingkan dengan broadcast. Sebab jalur pribadi atau japri lebih tinggi closingnya. Anda bisa privat chat dengan calon prospek. Dahulukan orang yang Anda kenal, kalaupun ada orang yang mau membeli namun Anda belum mengenalkannya, maka Anda harus menjadi penjual yang easy going.

Berikan pelayanan sebaik mungkin pada mereka. Jangan sekalipun mengabaikan calon prospek saat mereka ingin melakukan konsultasi dengan Anda.

Agar cara beriklan di WhatsApp tersebut maksimal, Anda juga harus mengimbanginya dengan konsisten membangun list building dan sharing di grup WA dengan copywriting terbaik yang Anda usahakan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *