kata-kata promosi di whatsapp

6 Tips Membuat Kata-Kata Promosi di WhatsApp untuk Menarik Perhatian Customer

Posted on Posted in Jualan Online

Bagaimana membuat kata-kata promosi di WhatsApp yang benar-benar memikat calon customer Anda? Berikut 6 tipsnya.

WhatsApp selain dikenal sebagai aplikasi chatting (social networking) yang digemari banyak orang karena menyuguhkan fitur keren juga dilirik sebagai media yang bagus untuk melalukan promosi. Hal ini karena WhatsApp selain memungkinkan calon pembeli dan penjual berinteraksi lewat japri (jalur pribadi) juga memudahkan pemilik produk untuk memasang iklan lewat grup.

Sayangnya, tidak semua orang pandai menyusun kata-kata promosi di WhatsApp. Keterbatasan sumber serta strategi yang kurang tepat lantaran menginginkan hasil instan ditengarai menjadi penyebab paling klasik di balik persoalan ini.

Nah, bagi Anda pebisnis yang sedang giat melakukan perkenalan produk melalui aplikasi chatting ini, berikut beberapa tips yang paling direkomendasikan yang bisa Anda aplikasikan untuk melakukan jual beli di WhatsApp.

1. Membuat Kata-Kata Promosi di WhatsApp sesuai dengan Kemauan Pasar

Cara pertama yang WAJIB Anda kuasai ialah memahami keinginan audience atau calon pelanggan Anda. Kenali siapa yang akan menjadi pemakai produk Anda, pandangan customer terhadap produk Anda, serta hal apa yang akan membuat mereka suka dengan produk yang Anda tawarkan.

Setelah pertimbangan ini berhasil Anda temukan jawabannya, baru kemudian Anda bisa menyesuaikan dengan kepribadian bisnis yang Anda geluti.

Anda juga bisa menyematkan kata-kata promosi di WhatsApp dengan bahasa ceria atau kalimat gaul jika Anda mengincar remaja sebagai targetnya.

Membuat kalimat promosi dengan mengetahui kemauan pelanggan akan membuat pelanggan terasa lebih dekat dengan Anda. Pastinya, ini akan menimbulkan engagement yang baik antara Anda dan juga pelanggan.

Diharapkan, hubungan yang baik ini dapat membuat calon pelanggan menjadi pelanggan yang benar-benar setia dengan produk Anda.

2. Membuat Kalimat Promosi di WhatsApp dengan Lebih Sopan dan Elegan

Apabila Anda sudah menemukan produk atau brand yang cocok untuk Anda pasarkan, maka langkah selanjutnya adalah, Anda dituntut konsisten mempertahankan citra dari brand yang Anda usung tersebut.

Anda juga harus ingat bahwa setiap promosi yang Anda lontarkan harus sejalan dengan bisnis yang sudah ditentukan. Misalkan, ketika membuat broadcast, Anda harus membuat tema yang sesuai dengan produk Anda.

Kalaupun tidak, usahakan untuk tidak terlalu jauh dari niche brand Anda. Hal ini bertujuan untuk semakin meningkatkan brand itu sendiri.

Selain itu, dalam hal responsive, para pelanggan sangat menyukai seller (penjual) yang cepat tanggap. Termasuk ketika ada komentar yang masuk baik melalui japri maupun grup.

Bagaimana pun komentar yang datang pada Anda, maka sebaiknya selalu menanggapinya dengan kata-kata yang sopan. Bahkan bila ada komentar yang sangat pedas, hindari penggunaan kata yang penuh amarah ketika Anda membalas komentar tersebut.

Selain menghindari percekcokan, kata-kata promosi di WhatsApp yang sudah sejak jauh hari Anda susun pun tidak akan berakhir dengan sia-sia.

3. Fokus dengan Prospek

Bagi Anda yang ingin menarik perhatian, maka Anda pun harus membuat mereka tertarik dengan brand atau produk yang Anda suguhkan terlebih dahulu. Posisikan target Anda pada kata-kata promosi yang Anda buat.

Mereka tentu tidak akan peduli dengan seluk-beluk mengenai usaha Anda, yang mereka ingin tahu ialah seberapa pentingnya produk tersebut untuk mereka dan apa manfaat yang bisa mereka peroleh.

Sederhananya, share-lah tentang manfaat (benefit) produk yang Anda promosikan, bukan menjabarkan secara panjang mengenai asal usul atau sejarah produk tersebut.

4. Tulis Kata-Kata Promosi di WhatsApp secara personal

Perlu ditekankan bahwa menyampaikan kalimat iklan sama halnya dengan menawarkan produk untuk 1 orang, meskipun Anda membagikannya pada laman grup.

Sehingga orang akan merasa bahwa bisnis ini ditujukan mulus untuk mereka.

Libatkan semua pembaca untuk membuka peluang mereka melakukan engagement (komentar, retweet, like, dan share) dengan cara yang unik tentunya.

5. Hindari Penggunaan Kata-Kata Promosi di WhatsApp yang Bertele-tele dan Jadul

Ada baiknya bagi Anda sebelum share kata-kata promosi di WhatsApp untuk mengamati lebih dulu seperti apa saingan Anda mengupayakan langkah serupa untuk mendongkrak penjualan yang mereka lakukan.

Kesalahan masal yang masih dijalankan mayoritas orang sampai sekarang ialah memakai kata yang sudah sangat mainstream sekali di telinga banyak orang. Dijamin, bonus, terpercaya, atau pesan sekarang contohnya.

Mulai sekarang Anda bisa mengganti dengan kata yang lebih membuat pelanggan penasaran. Misal untuk “baru” Anda bisa menggunakan “Fresh From The Oven” atau “Order Sekarang” dengan “Grab it Fast”.

Kosa kata ekslusif seperti ini terbukti meningkatkan angka penjualan, apalagi jika incaran Anda adalah kawula muda.

6. Jangan sembarangan

Kata-kata promosi di WhatsApp yang Anda galakkan adalah terobosan kalimat promosi yang berharga. Hindari penggunaan singkatan, terlalu banyak emoticon dan simbol, tidak memperhatikan penggunaan huruf besar kecil, atau melupakan fungsi tanda baca.

Problem sepele seperti ini akan mempengaruhi arti dan kualitas Anda. Buatlah audiens mudah mengetahui maksud Anda.

Bagaimana? Sudah siap mengajak pembaca menikmati susunan kata-kata promosi di WhatsApp yang Anda bagi?

Facebook Comments

One thought on “6 Tips Membuat Kata-Kata Promosi di WhatsApp untuk Menarik Perhatian Customer

  1. Wajib di coba buat para marketer yang suka promosi di wa di jamin manjur 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *