strategi sosial media marketing

7 Tools Analytic Instagram untuk Strategi Sosial Media Marketing Terbaik

Posted on Posted in Marketing Online, Social Media

Instagram kini juga bisa dijadikan sebagai media promosi bisnis Anda. Dan untuk membantu Anda dalam menentukan strategi sosial media marketing di instagram, Anda pasti akan butuh 7 tools ini.

Bukan rahasia lagi bahwa peran sosial media sebagai media bisnis sangatlah besar.

Termasuk diantaranya adalah Instagram.

Kemampuan instagram yang menjangkau banyak orang adalah alasan utama mengapa Anda layak untuk membawa Instagram dalam perkembangan bisnis.

Namun untuk menentukan strategi sosial media marketing, Anda membutuhkan data yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Dengan strategi sosial media marketing yang tepat akan menjadikan bisnis Anda jadi lebih besar.

Ada banyak sekali media atau tools yang bisa membantu Anda menemukan data (analytic) tersebut.

Berikut ini 7 tools terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menentukan strategi sosiak media marketing di Instagram.

#1. Strategi Sosial Media Marketing melalui Instagram Insight

Ini adalah alat (tools) pengukur bawaan Instagram yang gratis.

Namun sebelum Anda menggunakannya, Anda harus mengubah profil Facebook Anda menjadi profil bisnis.

Ini adalah proses empat langkah yang cukup sederhana, konversi tersebut akan memberi Anda akses ke Instagram Insights,

Diantaranya jumlah pengunjung profil Anda maupun jumlah postingan yang disave (disimpan).

Insights ini juga termasuk beberapa kali orang menggunakan opsi DM (Direct Message) ke Instagram Stories Anda.

Jika Anda menjalankan iklan di Instagram, Anda dapat melihat performanya di sini atau juga di Facebook Ads Manager. Anda bisa membandingkan insight versi asli dengan judul yang diiklankan.

Insight ini hanya dapat dilihat melalui ponsel (yaitu di akun Instagram Anda). Dan insight hanya tersedia untuk konten yang dikirim setelah akun Anda dikonversi menjadi akun bisnis.

#2. Mengandalkan Hootsuite Sebagai Strategi Sosial Media Marketing di Instagram

Analisis data dari Hootsuite ini bisa Anda lihat pada dashboard Hootsuite.

Analisisnya ada dalam dua visual interface, overviews, dan boards. Overview menyediakan metrik umum seperti pertumbuhan audience, website traffic, dan total post.

Sementara board dapat disesuaikan dan mudah dibagian, serta memberikan jumlah laporan yang tidak terbatas secara real-time.

Insight mencakup reaksi postingan sesuai bahasa atau jenis kelamin, action yang dilakukan followers, dan jumlah klik pada url di Bio.

#3. Iconosquare, Memantau Strategi Sosial Media Marketing Kompetitor

Iconosquare adalah aplikasi berbayar untuk memantau kompetitior.

Aplikasi ini menyediakan Instagram analityc untuk komunitas dan engagement.

Dan ini juga membantu mengidentifikasi influencer yang paling penting di bidang Anda.

Aplikasi ini sangat berguna utnuk menganalisis data hashtag. Mencakup pertumbuhan hashtag, postingan yang berpengaruh dengan menggunakan hashtag tertentu, dan masih banyak lagi.

#4. Data yang Cukup Komplit dari Union Metric

Union Metric menawarkan pilihan FREE dan BERBAYAR.

Untuk versi FREE tak kalah dengan berbayar yakni menampilkan interface yang friendly dan mudah digunakan.

Sekilas, Anda bisa melihat jumlah posting, follower, dan following Anda, serta waktu terbaik untuk memposting.

Anda juga dapat melihat followers Anda yang sangat aktif, jumlah interaksi, hashtag paling populer, serta postingan Anda yang terbaik.

Sementara untuk versi BERBAYAR tentu akan menghadirkan fasilitas yang lebih ‘WAH’ lagi. Seperti analisis profil secara rinci hingga monitoring hashtag.

Baca Juga: 3 Update Terbaru dari Facebook untuk Pebisnis Online Seperti Anda

#5. Simply Measured, Menemukan Strategi Sosial Media Marketing yang Pas

Aplikasi ini cukup membantu Anda bersaing di bidang yang Anda pilih.

Salah satu analisis dari Simply Measured adalah memeriksa percakapan yang relevan dengan bidang Anda.

Ini akan sangat baik tentang brand awareness dan juga influencer.

Anda juga bisa menganalisa kinerja pesaing Anda. Pada versi GRATIS juga menawarkan analisis dasar seperti jumlah engagement dan rating engagement.

#6. Crowdfire, Buat Instagram Bisnis Anda jadi Lebih Hidup

Aplikasi ini menjanjikan bahwa ketika menggunakannya, akan mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk bermain di media sosial.

Artinya, Crowdfire menawarkan penggunaan mereka akan membuat waktu Anda lebih hemat.

Setelah menganalisa akun Anda, Crowdfire akan menyarankan konten yang relevan untuk Anda posting.

Mungkin analisa dari aplikasi ini sedikit kurang aktual dan interfacenya terlalu simple. Tapi jika Anda ingin akun instagram Anda lebih hidup, Crowdfire bisa menjadi solusinya.

#7. Squarelovin

Tool GRATISAN ini memungkinkan Anda untuk menganalisis Instagram yang paling dasar seperti pertumbuhan, engagement, dan jumlah followers.

Dengan Squarelovin, Anda bisa melihat kapan waktu postingan yang tepat atau yang buruk. Serta hashtag mana yang terbaik untuk Anda gunakan.

Squarelovin menyediakan analisis harian, mingguan, dan bulanan, serta tak lupa untuk setiap postingan.

Sebagian besar tools diatas memberikan informasi dasar yang hampir sama sebelum menganalisa yang lebih dalam (versi berbayar).

Dengan sedikit eksperimen, seharusnya tidak terlalu sulit menemukan mana yang paling sesuai untuk strategi sosial media marketing Anda.

Sudah siap untuk memilih yang terbaik?

One thought on “7 Tools Analytic Instagram untuk Strategi Sosial Media Marketing Terbaik

  1. Jadi sekarang jangkauan pemasan bisa lebih luas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *