cara meningkatkan penjualan

8 Cara Meningkatkan Penjualan Online Anda

Posted on Posted in Jualan Online

Apa yang harus dilakukan sebagai cara meningkatkan penjualan online Anda?

Ketika Anda telah memiliki sebuah toko online, apa yang Anda harapkan selain datangnya ribuan traffic? Yang pasti adalah menginginkan More Sales atau penjualan yang lebih banyak.

Tentu, tujuan seseorang ketika membuat toko online adalah untuk meningkatkan jangkauan pengunjung dan pada akhirnya ingin meningkatkan penjualan.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah traffic. Mulai dari promosi gratis dengan share di media sosial, atau bisa juga dengan menggunakan iklan Facebook, Instagram, atau Google AdWords.

Cara-cara tersebut memang sangat baik untuk menambah traffic online shop Anda. Tapi apakah secara otomatis bisa dikatakan sebagai cara meningkatkan penjualan online Anda? BELUM TENTU.

Langkah terpenting berikutnya adalah buat toko online atau landing page Anda menjadi menarik sehingga pengunjung sulit menolak tawaran Anda.

Teknik copywriting memang menjadi penentu berikutnya setelah Anda berhasil mendatangkan traffic yang besar. Kemahiran dalam membuat copywriting bisa menentukan sales produk Anda.

Sebagai cara meningkatkan penjualan online, Anda juga bisa melihat dari sisi psikologis seseorang. Yang mana, kata-kata penawaran yang ditampilkan di situs toko online maupun landingpage benar-benar membuat pengunjung tertarik untuk membelinya.

Berikut ini 8 strategi dan cara meningkatkan penjualan online melalui pendekatan psikologis. Cara ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu teknik Social Proof dan FOMO.

Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Social Proof

Pada dasarnya, sifat manusia sangat mudah dipengaruhi oleh kelompok sosialnya. Lebih mudahnya adalah social proof bisa disebut dengan ikut-ikutan.

Misalnya, beberapa dari teman Anda yang tergabung dalam kelompok tertentu membeli sebuah produk, dan akhirnya Anda juga tertarik untuk membelinya. Padahal, sebelumnya Anda sama sekali tidak interest dengan produk yang dibeli oleh teman-teman Anda.

Contoh kasus lainnya adalah ketika makan di sebuah restoran yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Kemungkinan Anda akan memesan makanan yang menjadi pilihan terbaik di restoran tersebut.

Sekarang bagaimana menggunakan teknik ini sebagai cara meningkatkan penjualan dari toko online Anda?

#1. Menambahkan Reviews dan Testimoni yang Bagus

Artinya, pada sebuah toko online alangkah baiknya untuk menyertakan testimonial atau review dari pembeli tentang produk yang Anda jual. Mengapa ini HARUS dilakukan?

Tentu saja adalah agar orang yang berkunjung ke toko online Anda, semakin yakin bahwa produk Anda disukai oleh banyak orang dan terpercaya.

#2. Melakukan Endorse

Sebenarnya apa sih tujuan dari endorse, terlebih di social media (instagram)? Hal ini adalah untuk memastikan bahwa produk Anda juga sampai terlihat oleh banyak orang yang memfollow endorser tersebut.

Hal ini bertujuan adalah untuk meningkatkan viewer produk yang ada dalam toko online. Jika ada yang tetarik dengan produk Anda, maka ini akan dapat meningkatkan engagement serta konversi penjualan.

Tampilkan endorser di toko online Anda agar produk Anda semakin banyak dikenal.

#3. Tampilkan Jumlah Share

Salah satu cara meningkatkan penjualan online Anda adalah dengan menampilkan jumlah share di toko online Anda.

Langkah pertama adalah mintalah teman dan juga customer Anda sebelumnya untuk share halaman maupun produk dari toko online Anda.

Setelah Anda mendapatkan jumlah share, tampilkan pada toko online Anda. Dan pastikan jumlah share tersebut cukup banyak sebelum ditampilkan. Cara ini akan meningkatkan traffic dan pada ujungnya dapat membantu meningkatkan konversi penjualan.

#4. Tampilkan Review yang Negatif?

Sebenarnya ini cukup riskan. Tapi, perlu dilakukan sebagai cara meningkatkan konversi penjualan Anda. Yaitu dengan menampilkan reviews yang kurang begitu baik. Namun, disitu juga Anda tampilkan bagaimana cara Anda untuk memuaskan keluhan dari customer tersebut.

Dengan catatan, pastikan kelanjutan dari reviews tadi berakhir dengan sempurna sehingga hal ini akan dapat meningkatkan kepercayaan daripada toko online Anda itu sendiri.

Bikin Cemas Pengunjung dengan Fear Missing Out (FOMO)

Sebenarnya istilah FOMO ini telah masuk dalam Oxford English Dictionary tahun 2013 silam. Pada intinya, FOMO ini adalah menciptakan sebuah kekhawatiran yang dimiliki seseorang karena bisa kehilangan sesuatu.

Misalnya, khawatir kalau barang yang akan dijual tersebut akan segera habis. Atau khawatir harganya akan naik dengan drastis. Ini adalah salah satu cara meningkatkan penjualan online yang cukup jitu.

Bagaimana menciptakan FOMO guna membantu tingkatkan konversi penjualan toko online Anda?

#5. Tampilkan Stok Terbatas

Kenapa sebaiknya menampilkan ini? Tentu adalah untuk menciptakan urgensi. Artinya, jika calon customer tok online Anda tidak segera bertindak, maka mereka bisa-bisa segera kehilangan produk tersebut.

#6. Besok Harga Naik

Sudah tidak asing bukan dengan kata-kata promosi seperti ini? Dan ini juga bisa Anda terapkan pada toko online Anda. Karena memang, secara psikologis kata-kata ini akan menciptakan emosi pada calon customer Anda.

Contoh kata-kata promosi lain adalah seperti ‘Hanya Tersisa 5 Produk dengan Harga Spesial Ini’.

#7. Waktu yang Terbatas

Menampilkan countdown waktu adalah salah satu cara untuk menciptakan urgensi dan mendorong seseorang untuk mengambil keputusan.

Hitung mundur ini bisa dalam bentuk diskon, harga khusus, atau limited product. Penawaran khusus dalam hitung mundur ini akan membuat seseorang merasa harus segera bertindak sebelum waktu habis.

#8. Produk Terbatas

Buat kata-kata promosi bahwa produk itu sangat terbatas. Dan akan dijual lagi tahun depan. Cara seperti ini akan menciptakan urgensi yang berlanjut dan membuat orang semakin penasaran dan ingin segera mengamankannya.

Semoga artikel tentang cara meningkatkan penjualan online di atas dapat membantu menambah jumlah sales produk di toko online Anda. Jangan lupa share dan komentarnya ya.

Facebook Comments

One thought on “8 Cara Meningkatkan Penjualan Online Anda

  1. Terimakasih sangat membantu sekali terustama bagi para onlineshop 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *