cara menggunakan Google Analytics

9 Cara Menggunakan Google Analytics untuk Tingkatkan Marketing Anda

Posted on Posted in SEO

Bagaimana cara menggunakan Google Analytics dengan maksimal untuk teknik marketing atau bisnis online Anda?

Apakah Anda menggunakan Google Analytics?

Apakah Anda memanfaatkan banyak aplikasi yang bertautan dengan Google Analytics?

Mengintegrasikan data dari tools, plugin, atau platform pihak ketiga dengan Google Analytics akan membantu Anda mendapatkan insight baru dalam upaya meningkatkan kemampuan online marketing Anda.

Pada artikel ini, kami akan membagikan 9 cara menggunakan Google Analytics dalam online marketing Anda.

#1. Cara Menggunakan Google Analytics dengan Plugin di WordPress

Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan Google Analytics dengan situs wordpress Anda. Yaitu dengan menggunakan plugin Google Analytics by Yoast.

Plugin ini memungkinkan Anda mengonfigurasi fitur yang lebih dalam seperti melacak jumlah klik, unduhan, dan tautan internal yang mengarahkan ke situs web lain.  Misalnya, tautan afiliasi yang Anda buat menggunakan domain Anda sendiri (domainanda.com/affiliate/product).

Anda juga bisa menggunakannya untuk melacak hasil pencarian dan halaman 404.

Sementara pada versi premium, GA dari Yoast ini menawarkan fitur yang lebih canggih seperti melacak view masing-masing penulis, view tiap tipe postingan, dan berbagai pelacakan spesifik lain.

#2. Cara Menggunakan Google Analytics dengan Integrasikan Semua Platform Analytics

Jika Anda ingin menggabungkan data Google Analytics dengan tools atau platform tambahan untuk mendapatkan data traffic Anda, cobalah dengan menggunakan Segmen.

Platform ini memungkinkan Anda mengelola data lebih dari 100 platform iklan, analisis, developer, marketing, sales, support dan user testing dalam satu tempat.

 

Sangat mudah untuk mengintegrasikan ke Segmen. Cukup pasang satu bagian kode analytics di situs web Anda, dan kode analytics dari platform lain yang Anda pilih.

Segmen menawarkan secara GRATIS untuk menggunakan Google Analytics dengan 20 platform analytics lainnya.

Sementara untuk yang premium, Anda akan dikenakan biaya mulai dari 29 USD per bulan, tergantung pada integrasi yang Anda butuhkan.

#3. Visualisasikan Data Google Analytics Menggunakan Cyfe

Anda dapat melihat dan membandingkan data dari beberapa situs sekaligus di Google Analytics dengan tools seperti Cyfe.

Gunakan dashbord Cyfe untuk menampilkan ikhtisar (ringakasan) semua tampilan halaman, sesi, dan pengguna situs web Anda. Lalu analisis data untuk mengidentifikasi tren yang lebih besar seperti:

  • Konversi, sumber traffic, bounce rate, dan lokasi users
  • Traffic dari search engine dan social networks
  • Data traffic yang real time, termasuk user, lokasi user, sumber traffic, dan konten yang saat ini mereka lihat

Apabila upgrade ke premium, Anda dapat membaut dashboard dan widget yang tidak terbatas lebih dari 50 iklan, analytics, blog, email, penjualan, SEO, Media Sosial, dan platform pendukung lain dengan biaya ‘hanya’ 19 USD per bulan.

 

#4. Mempelajari Traffic dari Email Marketing Anda

Ingin menambahkan Google Analytics pada email marketing Anda?

Platform email marketing seperti MailChimp, GetResponse, Constant Contact dan Vertical Response memungkinkan Anda dapat melacak traffic dari link di email ke campaign email Anda.

Misalnya, MailChimp memungkinkan Anda dapat memeriksa satu kotak untuk menambahkan parameter UTM ke link Anda saat membuat email campaign sehingga Anda dapat melihat traffic dari tautan tersebut dalam Google Analytics.

cara menggunakan Google Analytics

#5. Link dari Engagement Sosial Media dan Website

Jika Anda menggunakan tools seperti Buffer, Hootsuite, atau Oktopost untuk menerbitkan dan men-scheduling postingan media sosial, Anda akan mendapatkan keuntungan dari menautkannya ke Google Analytics.

Melalui Hootsuite misalnya, Anda akan mendapatkan laporan ikhtisar dengan data Google Analytics Anda beserta update dari Hootsuite. Satu custom report dari Hootsuite untuk versi pro adalah 9.99 USD per bulan.

 

Sementara menggunakan Buffer, Anda dapat menyesuaikan parameter UTM yang Anda gunakan untuk melacak di Google Analytics, sehingga cocok dengan pembaruan yang Anda publikasikan melalui Buffer.

Pilihan ini disertakan Buffer untuk Business Plan dengan biaya 50 USD per bulan.

 

Dan pada Oktopost, Anda dapat mengaktifkan Google Analytics secara otomatis dengan UTM parameter ke link apapun yang Anda publikasikan di Oktopost.

Sementara biaya Oktopost ini mulai dari 49 USD per bulan.

Baca Juga:  5 Keuntungan Membuat Blog Pada Sebuah Website

#6. Cari Tahu Apakah Update dari Google Mempengaruhi Situs Anda

Tambahkan Fruition Google Penalty Checker untuk menganalisa data dari akun Google Analytics Anda. Dan segera tentukan, apakah situs/ website Anda terkena dampak positif atau negatif dari update tersebut.

 

Anda dapat sign up GRATIS untuk melihat bagaimana perubahan algoritma Google sebelumnya (Penguin, Panda, Hummingbird, dll). Jika Anda ingin melihat informasi update selama tiga bulan terakhir, maka Anda diharuskan untuk mengupgrade member menjadi premium dengan biaya 75 USD per bulan dan bisa menganalisa hingga 5 situs web.

#7. Temukan (Yang Bukan) Keyword Anda

Bagi marketer online, hilangnya data kata kunci di Google Analytics adalah sebuah tragedi.

Berbagai tools seperti AuthorityLabs akan dapat membantu Anda mencoba menangkap kembali data tersebut.

AuthorityLabs tidak hanya memantau ranking situs Anda di search engine, saat ini juga telah terintegrasi dengan Google Analytics dan data penting lain untuk menentukan keyword apa yang mengarahkan pengunjung ke situs Anda.

 

Anda dapat menggunakan data ini untuk membuat atau mengoptimalkan landing page dan konten situs web Anda untuk menargetkan keyword baru dengan lebih baik.

Sementara untuk paket premium, termasuk integrasi Google Analytics dan laporan keyword yang tidak tersedia mulai dari 49 USD per bulan hingga 50 domain.

#8. Cara Menggunakan Google Analytics untuk Mendapatkan Insight dari Split Test

Anda dapat mengintegrasikan tools split test seperti Visual Website Optimizer atau Optimizely untuk memantau traffic yang Anda dapat melalui campaign Anda.

Contohnya, Visual Website Optimizer akan menampilkan laporan seperti di bawah ini.

 

Apakah Anda masih membutuhkan custom report untuk split test ini? Mungkin Anda bisa menggunakan Optimizely.

 

#9. Cara Menggunakan Google Analytics dalam Data Penjualan di Ecommerce

Platform ecommerce seperti Shopify, Magento, dan Bigcommerce, menawarkan petunjuk lengkap cara mengintegrasikan dengan Google Analytics untuk mendapatkan insight dari laporan ecommerce tracking.

 

Laporan ini dapat membantu Anda belajar banyak tentang omzet di ecommerce Anda, produk mana yang paling menghasilkan traffic besar yang pada akhirnya mengirim visitor untuk membeli produk tersebut.

Kesimpulannya adalah …

Pengintegrasian Google Analytics tidak terbatas pada ecommerce, search engine, media sosial, dan tools yang telah dicoba diatas.

Anda masih bisa menemukan tools atau platform lain yang juga bisa diintegrasikan Google Analytics pada search engine. Anda juga dapat menemukan integrasi untuk Google Analytics dari Tapstream, Freshdesk, Zendesk dan Formstack.

Apakah Anda tertarik untuk memperdalam tambahan insight traffic di situs atau website Anda?

Apakah tips cara menggunakan Google Analytics di atas bermanfaat untuk Anda? Silakan berikan komentar Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *