analisis pesaing

Cara Analisis Pesaing Bisnis Melalui Sosial Media

Posted on Posted in Marketing Online, Social Media

Cara Analisis Pesaing Bisnis Melalui Sosial Media – Bagaimana cara analisis pesaing bisnis Anda? Apakah memantau kompetitor melalui sosial media juga bisa? BISA SEKALI.

Tentu saja, yang dimaksud disini adalah melihat persaingan bisnis dalam social media marketing. Pada artikel ini, Anda akan temukan empat tools (alat) untuk melakukan analisis pesaing Anda di platform media sosial yang populer.

1. Benchmark Channel Youtube dengan MWP’s Video Marketing Comparison Tool

Tools ini sangat cocok bagi Anda yang berbisnis menggunakan Youtube sebagai platform social media marketingnya. Dengan menggunakan WMP, yang merupakan tools GRATIS, Anda dapat melihat data atau analisis pesaing Anda hingga 10 channel Youtube.

Untuk menggunakan tools ini, silakan langsung menuju webnya dan masukan URL channel Anda serta url channel yang ingin Anda bandingkan. Perhatikan bahwa URL harus URL channel Youtube, bukan URL salah satu video saja.

 

Setelah memasukkan semua URL, klik tombol Bandingkan Sekarang. Generate data mungkin bisa memakan waktu yang cukup lama, jadi Anda akan melihat pop up yang memberi Anda pilihan untuk menerima analisis pesaing Anda dalam email.

Saat Anda menerima hasilnya, Anda akan melihat bagaimana tools ini memberi peringkat pada channel Youtube Anda terhadap pesaing yang URL-nya telah Anda masukkan sebelumnya. Untuk melihat analisis setiap channel, klik tombol Get the Details untuk melihat analisis pesaing yang terperinci, antara lain informasi tentang;

 

– Total view dan komentar
– Subscriber
– Jumlah share, like, dan komen per video
– Rata-rata share, like, dan komentar per video
– Jumlah playlist
– Rata-rata view per upload video

Selain itu, Anda juga dapat melihat video paling populer dan statistik video tertentu dari masing-masing channel.

2. Melakukan Analisis Pesaing dari Konten dan Data Audience dengan KLEAR

Klear adalah tools pemantau influencer yang hebat. Dengan tools ini, akan memungkinkan Anda untuk mengetahui data yang cukup lengkap dari pesaing Anda melalui Facebook, Twitter, dan Instagram. Tools ini memang GRATIS, namun juga ada yang versi berbayar. Yang versi free tentu saja jumlah hasil analisis kurang lengkap dibanding yang versi berbayar.

Meski begitu, Anda masih bisa mendapatkan informasi yang berguna dari pesaing Anda dengan menggunakan yang versi GRATIS. Setelah mendaftar di KLEAR, Anda sudah siap untuk memantau sosial media pesaing Anda.

Pada bagian Social Profile, cukup masukkan nama pesaing Anda di kotak telusur dan gunakan fitur perlengkapan otomatis untuk memilih pesaing yang ingin Anda pantau. Untuk yang versi Gratis, Anda dapat melihat rangkuman profil dan beberapa data yang luar biasa, antara lain:

  • Tingkat Influencer (Pengaruh)
  • Tingkat Engagement
  • Jangkauan actual dari post
  • Topik pesaing yang berpengaruh

 

Pada KLEAR Anda juga akan dapat melihat posting tertatas untuk melihat darimana posting tersebut muncul, bagaimana mereka melakukannya di setiap postingan, dan kapan konten tersebut diposkan. Di tools ini juga menunjukkan demografi yang cukup rinci tentang audience pesaing Anda, yang dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi audience yang mereka targetkan berbeda dari keinginan Anda sendiri.

Anda mungkin dapat mengidentifikasi audience yang terlewat dan menghasilkan strategi social media marketing yang lebih baik untuk ke depannya.

 

3. Analisis Pesaing Melalui Facebook Page Insight

Salah satu fitur dari Facebook Page ini adalah cukup bagus untuk memantau kompetitor Anda dari waktu ke waktu. Anda akan memiliki akses fitur ini jika page Anda sudah memiliki minimal 100 like. Untuk menemukan page yang ingin Anda mata-matai, masuklah ke Facebook Page Anda dan klik tabs insights. Pada bagian overview, scroll ke bawah dan menuju Pages to Watch.

 

Anda bisa menambahkan Facebook page pesaing Anda ke dalam daftar dan melihat informasi tentang aktivitas mereka di Facebook, serta data penting lainnya. Sekilas, Anda bisa melihat pesaing mana yang menjadi kompetitor terbesar di media sosial. Informasi yang Anda dapat antara lain;

  • Jumlah total like
  • Presentase skala kenaikan atau penurunan jumlah like dalam minggu terakhir
  • Jumlah postingan minggu ini
  • Jumlah engagement pada minggu ini

Facebook akan merekomendasikan Facebook Page untuk Anda lihat, tapi Anda juga masih bisa menambahkan Facebook Page tertentu yang ingin Anda pantau. Untuk menambahkannya, klik tombol Add Pages. Selanjutnya, cari nama Facebook Page. Setelah menemukan Facebook Page tersebut, lalu klik Watch Page.

 

Sekarang Anda akan melihat nama page di antara page pesaing lainnya yang sudah Anda ada sebelumnya. Untuk dapat melihat postingan teratas pada minggu terakhir, klik nama Page. Anda dapat melihat konten apa yang melibatkan audence mereka dan bagaimana respon dari audiens.

Selain itu, saat semua postingan teratas ditampilkan bersama, lebih mudah mendeteksi jenis konten apa yang mendapatkan hasil terbaik. Dengan cara ini, tentu bisa Anda jadikan pedoman bagaimana cara mendapatkan respon terbanyak dari audiens Anda sendiri.

4. Analisis Pesaing Bisnis di Snapchat Melalui Snaplytics

Mungkin pembahasan ini akan lebih tepat bagi mereka yang menggunakan plaform Snapchat sebagai media bisnisnya. Ini kami maksudkan karena Snapchat sepertinya masih kurang populer di Indonesia. Namun apabila Anda sudah menggunakannya, maka pembahasan ini sangat penting untuk Anda simak.

Tidak sedikit publisher yang merasa frustrasi dengan metrik dari Snapchat, terutama bila dibandingkan dengan plaform media sosial lainnya. Karena itulah muncul Snaplytics. Tools analisis pesaing ini menawarkan insight yang menakjubkan tentang pesaing bisnis Anda. Snaplytics memberi Anda free trial selama 14 hari dan mereka memiliki versi demo yang luar biasa (simak di situs Snaplytics).

 

Setelah login, Snaplytics memiliki banyak bagian data analisa untuk meneliti pesaing Anda.Klik competitors di kolom sebelah kiri dan pada pop-up, masukkan nama pengguna Snapchat yang ingin Anda analisa.

Pada dashboard utama, Anda akan melihat beberapa informasi penting dari pesaing Anda. Antara lain;

  • Berapa banyak story yang mereka miliki
  • Berapa banyak story per minggu yang mereka bagikan
  • Total durasi konten
  • Rasio video vs gambar

Kemudian klik pada kompetitor individu untuk melihat informasi lebih rinci tentang history postingan mereka, termasuk kapan mereka mempostingnya. Jika Anda melihat pesaing Anda posting pada pukul 13.00 dan 15.00, maka Anda pun juga bisa melakukannya (memposting) pada waktu tersebut.

Anda juga dapat melihat tanggal dan jam saat story pesaing Anda diposkan dan melihat konten seperti apa yang mendapatkan hasil terbaik. Meskipun Snapchat menghapus konten setelah 24 jam, namun Snaplytics masih dapat menyimpan (merekam) aktivitas dan konten yang dipublish oleh pesaing Anda hingga tiga bulan.

KESIMPULAN

Meneliti aktivitas media sosial dari kompetito akan memberi Anda insight tambahan tentang jenis engagement yang didapat, campaign yang dijalankan, dan apa yang iya atau tidak sesuai untuk mereka. Anda mungkin juga akan menemukan trik yang digunakan dalam bisnis atau cara Anda sendiri dalam memenuhi kebutuhan pelanggan Anda yang mungkin mereka tidak mendapatkan di tempat lain.

JIka Anda dapat menyesuaikan social media marketing Anda dengan tepat, jumlah followers atau liker pada Page Anda akan meningkat. Atau mungkin bahkan Anda dapat menggusur posisi pesaing bisnis Anda. Karena tidak ada yang tidak mungkin. Semoga artikel tentang Cara Analisis Pesaing Bisnis Melalui Sosial Media ini bermanfaat untuk kemajuan bisnis Anda.

Jangan lupa, like dan follow akun media sosial kami lainnya:

Facebook Comments

4 thoughts on “Cara Analisis Pesaing Bisnis Melalui Sosial Media

  1. Thanks mas ulasanny sangat membantu untuk yang ingin terjun di bisnis online ya

  2. Diantara tools yang dibahas di atas, saya hanya pernah menggunakan Facebook Page Insight. Memang cukup lengkap informasi yang diberikan oleh tools tersebut. Tetapi, untuk saat ini saya belum mau cari pesaing dulu, karena ingin fokus mengembangkan blog dulu. Setelah cukup besar, baru saja mulai bersaing hehe 😀

    Terima kasih atas sharingnya 😉

  3. Wah hebat ya sekarang
    ya bagi yang berbisnis seharusnya mengetahui hal ini

  4. aku biasanya jualan online lewat fb dan instagram, bisa memantau keinginan pasar lewat fb dan ig.. jadi belum sampai ke tahap melihat pesaing-pesaing 😀 sempga artikel ini membantu pebisnis online dalam mengembangkan bisnisnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *