social media marketing

Cara Memanfaatkan Facebook Analytic untuk Social Media Marketing Anda

Posted on Posted in Social Media

Ini adalah cara terbaik bagaimana memanfaatkan data dari Facebook Analytics untuk social media marketing Anda. Sudah pernah mencobanya?

Data data dan data.

Adalah satu elemen penting dalam social media marketing, dalam hal ini adalah menentukan baik atau tidaknya campaign (iklan) di Facebook.

Dan untuk menemukan data seperti apa saja yang Anda butuhkan, Anda bisa memanfaatkan tools Facebook Analytics.

Data Apa Saja yang Terekam di Facebook Analytic?

Sebelumnya, Facebook memungkinkan Anda dapat melihat sentuhan akhir pada funnel Anda.

Contohnya, jika seseorang telah melakukan interaksi pada tujuh postingan terakhir Anda, namun di baru membeli (purchased) pada postingan Anda yang ke delapan. Maka post ke delapan itulah yang akan diberikan nilai konversi oleh Facebook.

Sekarang, Anda bisa melihat konversi tidak hanya pada setiap sentuhan akhir, tapi bisa melihat di setiap interaksi.

 

  • Overall, ada beberapa fitur baru pada update-an Facebook Analytics terbaru.
  • Kemampuan algoritma untuk menampilkan insight penting seperti audience yang paling sering berinteraksi atau menghasilkan konversi dari konten Anda
  • Omni Channel Analytics, yang bisa memperlihatkan Anda audience yang melompat dari aplikasi Facebook ke website atau situs Anda dan kembali ke Facebook via desktop sebelum menghasilkan konversi.
  • Custom Dashboard yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda
  • Kemampuan untuk membuat pemirsa khusus (Custom Audience) berdasarkan insight omni channel.
  • Kemampuan membuat event di grup dari dashboard, ini akan memungkinkan Anda membuat dan menargetkan segmen tertentu di laman Anda.

 

Perubahan pada Facebook Analytics ini adalah salah satu update paling signifikan sejak perubahan algoritma besar-besaran.

Sekarang mari kita lihat bagaimana mengolah interface Facebook Analytics untuk menemukan informasi yang penting untuk Anda. Dan ini tujuannya adalah untuk membuat social media marketing Anda jadi lebih baik ke depannya.

1. Akses Facebook Analytics untuk Social Media Marketing

Untuk memulai, arahkan ke dashboard pada Facebook Analytic Anda.

Sebagai catatan, dashboard ini akan bekerja jika Anda sudah memasang pixel Facebook.

Saat pertama kali membuka dashboard analytic, Anda akan melihat overview (rangkuman) dari analisis Anda.

Klik di dashboard di sidebar sebelah kiri untuk melihat omni channel dan custom dashboard.

social media marketing

Kemudian klik Activity untuk melihat analisa lebih spesifik seperti user aktive, purchases, funnel, dan beberapa lain.

 

Sambil mengeksplore data, Anda dapat menambahkan bagian yang sesuai di dashboard agar lebih mudah diaksesnya. Untuk pin data ke dashboard, klik ikon pin to dashboard di pojok kanan atas.

 

Pada box pop up, buat dashboard baru (atau pilih dashboard jika Anda sudah memilikinya). Kemudian masukan nama untuk bagan Anda dan klik add to dashboard.

2. Review Laporan Aktivitas yang Bermanfaat untuk Social Media Marketing di Facebook

Laporan (report) adalah kewajiban dalam setiap software analytics. Tentu ini akan dapat membantu Anda untuk memahami data lebih baik berdasarkan kebutuhan yang spesifik sehingga Anda bisa membuat keputusan yang lebih baik.

Dashboard pada Facebook Analytics memiliki kemampuan report yang masih sangat luas. Anda bisa mempelajar lebih dalam, melihat mikro konversi dari beberapa demografi maupun event.

Sebagai gambaran, misalkan Anda memiliki ecommerce dan ingin mengetahui pelanggan mana yang terbaik dari Facebook.

Silakan pilih aktivitas (activity) kemudian pilih REVENUE untuk mendapatkan report terkait pembelian.

BACA JUGA: Cara Memasang Iklan di Facebook Messenger dengan Mudah

 

Untuk mempersempit data, pilih opsi dari menu drop down Show By.

social media marketing

Contoh lain, pilih Traffic Source untuk melihat konversi dari sumber traffic.

social media marketing

Yang tak kalah keren adalah Anda dapat membuat cross channel funnels untuk melakukan tes interaksi yang mana yang bisa menghasilkan rasio konversi tinggi.

Untuk membuat funnel, klik Activity >> Funnels dan klik Create Funnel di sebelah pojok kanan atas.

social media marketing

Beberapa contoh funnel antara lain;

  • Audience yang pernah chat di Facebook Page dan melakukan pembelian di website
  • Audience yang menginstal aplikasi dan melakukan pembelian di website
  • Audience yang bereaksi (seperti like, love, atau haha) lalu kemudian melakukan purchase (pembelian)
  • Audience yang berkomentar di postingan Anda dan melakukan pembelian

Seperti yang bisa Anda lihat, funnel yang Anda buat bisa sangat detail sekali. Mereka (Facebook Analytics) bisa Anda buat sesederhana atau serumit yang Anda inginkan mengenai data yang ingin Anda dapat.

 

3. Menggunakan Data Facebook Analytics untuk Informasi Campaign (Promosi) Anda

Intinya adalah, Facebook Analytics ini bagaimana bisa membantu Anda menggunakan data tersebut untuk mengambil keputusan yang tepat. Pastinya, keputusan tersebut untuk tujuan bisnis atau promosi Anda.

Penting dipahami bahwa jika promosi iklan di Facebook tidak mendapatkan konversi dengan baik, insight dari Facebook Analytic mungkin dapat membantu Anda untuk mencari solusi.

Misalnya, anggap saja bahwa salah satu iklan di Facebook Anda mendapatkan banyak klik namun tidak berkonversi dengan baik.

Dari sini, mungkin Anda akan melakukan re-targeting untuk mendapatkan konversi yang lebih baik.

Artinya, tanpa promosi awal, Anda tidak akan mendapatkan sentuhan pertama yang bisa dibilang menghasilkan konversi akhir.

Jadi bagaimana Anda menggunakan data ini?

Salah satu caranya adalah dengan melihat funnel mana yang terbaik dan dorong lebih banyak orang ke funnel tersebut.

Misalnya, jika Anda melihat bahwa kebanyakan orang melakukan konversi setelah Anda mengirim pesan di Facebook, Anda dapat menggunakan chatbot (robot) messenger untuk meng-engaged otomatis pada siapa saja yang like halaman Anda.

Atau jika Anda melihat orang akan konversi setelah berkomentar, lakukan lebih banyak komentar seperti mengirim pertanyaan (Q & A), survey, atau yang lain pada audience Anda.

Jika Anda kreatif, Anda dapat menggunakan data dari Facebook Analytic untuk menginformasikan hampir setiap keputusan yang Anda buat, seperti;

  • Audience mana yang Anda target
  • Dimana penempatan iklan Anda
  • Channel mana yang untuk mengarahkan traffic
  • Tipe postingan seperti apa yang akan Anda publish

Luangkan waktu untuk mengeksplorasi lebih dalam dari Facebook Analytics ini.

Periksa data secara rinci, mencoba kombinasikan funnel, dan targetkan audience yang berbeda untuk mendapatkan data yang lebih banyak untuk di uji.

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk menganalisa, semakin baik Anda memahami banyaknya data yang tersedia.

Kesimpulannya adalah…

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari social media marketing Anda, memahami data adalah KEHARUSAN.

Dengan data ini, Anda dapat memaksimalkan engagement dan konversi Anda, sehingga bisa membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *