cara memasang iklan di facebook

Cara Memasang Iklan di Facebook Messenger dengan Mudah

Posted on Posted in Social Media

Iklan di facebook adalah salah satu cara ampuh mempromosikan produk. Berikut ini adalah cara memasang iklan di facebook messenger. Apakah Anda ingin menjangkau lebih banyak customers dan lead menggunakan Facebook Messenger?

Sudahkah Anda mencoba iklan di messenger? Iklan di facebook messenger ini berpotensi meningkatkan leads atau orang untuk berinteraksi dengan halaman (fanspage) bisnis Anda. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai cara memasang iklan facebook (facebook ads) di aplikasi messenger. Sudah siap?

Bagaimana Cara Memasang Iklan di Facebook Messenger?

Sebelum itu, mari kita simak bagaimana iklan di messenger bekerja. Tidak seperti iklan pada pesan bersponsor (sponsored messages) Anda, yang mengharuskan Anda untuk memiliki keterlibatan (engagement) dengan customer yang Anda targetkan, iklan di facebook home messenger ini memungkinkan Anda menarget audience yang belum pernah familiar dengan produk kita.

Dan Facebook telah meluncurkan iklan di messenger ini secara global dan bisa kita terapkan. Berikut ini cara memasang iklan di Facebook Messenger.

Baca Juga; 3 Update Facebook yang Sangat Penting Diketahui Pebisnis Online

1. Tentu, Cara Memasang Iklan di Facebook Messenger yang Paling Atas adalah Memilih Tujuan Campaign

Untuk memulai, buka pengelola iklan facebook (Facebook Ads Manager) kemudian pilih tujuan iklan Anda. Cara memasang iklan di facebook messenger kali ini pilihannya adalah traffic (lalu lintas) atau conversions.

 

Jika Anda memilih conversions, pilih salah satu event standard atau konversi khusus, tergantung pada sasaran Anda. Misalnya, jika Anda menargetkan traffic cold audience, Anda dapat memilih Lihat Konten (View Content). Mengukur konversi pada view content akan membantu Anda menempatkan nilai pada iklan untuk membangun brand awareness.

 

2. Tentukan Target Audience

Sebelumnya, iklan di messenger tidak mengizinkan Anda menargetkan pemirsa yang ditarget (saved audience). Kini, Anda dapat membuat pemirsa baru atau memilih pemirsa yang sebelumnya telah disimpan (saved audience) atau yang ingin mereka targetkan. Untuk menargetkan cold traffic, Anda akan mengecualikan custom audience yang telah Anda buat.

 

3. Cara Memasang Iklan di Facebook Messenger Melalui Edit Placement

Mungkin beberapa dari Anda masih menggunakan cara memasang iklan di facebook dengan automatic placements (penempatan otomatis). Banyak yang melakukan ini karena penempatan otomatis tersebut adalah rekomendasi dari facebook.

 

Namun untuk iklan facebook di messenger, Anda harus memilih edit placement. Lebih jelas bisa Anda simak gambar di bawah. Setelah memilih penempatan iklan, Anda bisa menentukan budget dan scheduling iklan Anda.

4. Cara Memasang Iklan di Facebook dengan Tepat

Sekarang Anda sudah siap untuk membangun iklan tersebut. Pertama mulai dengan memilih fanspage (halaman) facebook mana yang ingin Anda iklankan. Kemudian pilih format iklan (carousel, single image, single video, atau slideshow) yang menentukan bagaimana iklan Anda terlihat di timeline Facebook dan Instagram Anda.

  • Jika tujuan iklan Anda adalah traffic ke landing page, pilih URL situs web dan ketik URL landing page Anda. Landing page tersebut akan muncul di browser messenger saat pengguna mengklik iklan Anda.
  • Jika goal Anda adalah memulai percakapan di dalam messenger (seperti yang ada pada iklan messenger), pilih opsi messenger.

 

Selanjutnya adalah mengisi headline (judul), text, dan news feed link description (Deskripsi Tautan Kabar Berita).

  • Jika Anda memilih URL Website, segera selesaikan iklan Anda dan lanjutkan pemesanan iklan sambil menunggu approve dari facebook.
  • Jika Anda memilih iklan messenger, klik Set up Messenger Content dan selesaikan satu persatu mulai dari konten judul hingga deskripsi.

5. Set Up Messenger Content

Setelah mengklik set up messenger content, Anda akan berlanjut ke halaman lain dan akan dihadapkan pada menu tab Quick Creation atau JSON (JavaScript Object Notation) Creation. Tab JSON mengharuskan Anda memodifikasi kode atau menempelkan kode dari program chatbot otomatis seperti Chatfuel atau ManyChat.

Artikel ini menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan tab Quick Creation, yang tidak memerlukan pengkodean atau chatbot otomatis dari aplikasi lain. Agar terlihat konsisten, gunakan teks deskripsi yang sama pada iklan messenger dengan di feed (beranda).

Ingat, beberapa orang mungkin akan melihat iklan messenger Anda untuk pertama kalinya, jadi jangan anggap semua orang akan melihat versi feed terlebih dahulu. Contoh di bawah ini menggunakan gambar yang sama dengan versi feed tapi memuat teks yang sedikit lebih banyak.

cara memasang iklan di facebook

Setelah menyelesaikan semua tahapan (pengisian konten untuk messenger), Anda bisa klik Preview in Messenger App (pratinjau dalam aplikasi messenger). Bila Anda sudah puas dengan konten messenger Anda, silakan klik Done (selesai) di pojok kanan bawah.

Kesimpulannya adalah …

Seiring dengan update-nya Facebook dalam iklan mereka, Anda dapat lebih mudah terhubung dengan cold maupun warm audience Anda. Iklan di beranda messenger adalah cara lain untuk menjangkau target audience Anda melalui perangkat seluler mereka.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk memasang iklan? Semoga artikel cara memasang iklan di facebook messenger ini dapat membantu bisnis online Anda melalui media sosial.

*Note: Untuk dapat belajar banyak mengenai konten yang benar-benar menarik, Anda bisa menyimak artikel-artikel dalam situs www.TipsCopywriting.com.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *