cara membuat iklan di facebook

Cara Membuat Iklan di Facebook Lebih Efektif dengan Split Testing

Posted on Posted in Marketing Online, Social Media

Salah satu cara membuat iklan di Facebook agar tepat sasaran dan tidak boncos atau rugi adalah dengan membuat split test. Kenapa harus dilakukan?

Split Testing merupakan tools yang dirancang oleh Facebook yang memungkinkan publisher menjalankan dua iklan yang berbeda secara bersamaan. Tentu harapannya adalah Anda sebagai pengiklan dapat menguji berbagai aspek iklan dari audience hingga performa iklan itu sendiri.

Harapannya adalah dapat menekan budget iklan dan menjangkau lebih banyak orang tertarget.

Tapi sebelum mengenal lebih jauh cara membuat iklan di facebook atau yang lebih dikenal dengan Facebook Ads, maka sebaiknya kita mengenal dulu apa itu fb ads?

Cara Membuat Iklan di Facebook: Apa itu Facebook Ads?

Facebook ads merupakan salah satu teknik digital marketing yang sedang trend beberapa tahun terakhir. Siapa yang tidak kenal dengan Facebook? Hampir semua orang di seluruh dunia saat ini telah memiliki akun social media milik Mark Zuckerberg itu.

cara membuat iklan di facebook

Menurut riset We Are Social dan Hootsuite yang dirilis LinkedIn pada April 2017 lalu, pengguna aktif Facebook mencapai 1968 miliar. Sementara di Indonesia sendiri user Facebook aktif mencapai 111 juta orang dengan menempati posisi keempat setelah Amerika Serikat, India, dan Brazil.

Melihat dari statistik tersebut, jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia terus bertambah secara signifikan, tak terkecuali di Indonesia.

Dengan jumlah tersebut, maka target pasar pengguna Facebook di Indonesia sangatlah besar. Terlebih promosi offline melalui poster, banner, pamflet dan lain sebagainya, dirasa saat ini kurang efektif karena sudah banyak orang yang bergeser ke media online.

Dari sini sudah terlihat bagaimana potensi cara membuat iklan di Facebook untuk kemajuan usaha. Facebook Ads sendiri adalah cara membuat iklan di Facebook dengan menargetkan para pengguna Facebook.

Penargetan yang dimiliki oleh Facebook juga sudah cukup detail. Mulai dari negara, usia, gender, pekerjaan, status, hingga hobi. Dan yang membuat iklan di Facebook menjadi andalah para marketing saat ini adalah karena biayanya yang cenderung lebih murah dengan target pasar yang lebih besar.

Bagaimana cara membuat iklan di Facebook?

Sebenarnya sangat mudah untuk membuat iklan di Facebook. Anda dapat dengan mudah menemukan cara paling cepat membuat iklan di Facebook di search engine Google. Sudah banyak tutorial yang menjelaskan secara detail mulai membuat iklan dari awal.

Jika Anda masih kesulitan membuat iklan di Facebook, Anda bisa dapatkan video panduannya di Facebook Ads Minimalis dan temukan cara-cara paling cepat membuat iklan di Facebook.

Iklan Jauh Lebih Dahsyat dengan Melakukan Split Testing

cara membuat iklan di facebook

Ketika sudah dapat membuat iklan di Facebook, apa yang sebaiknya dilakukan? BANYAK.

Biasanya, jika dalam tahap awal Anda pasti akan rugi atau boncos. Penyebabnya tentu saja Anda masih meraba-raba banyak aspek dari iklan itu sendiri, mulai dari target pasar, budget, hingga kesulitan menemukan barang yang ingin Anda iklankan.

Tidak masalah karena pengalaman-pengalaman tersebut sangat membantu Anda untuk ke depannya.

Bagi Anda yang sudah sering melakukan iklan di Facebook, apakah sudah pernah melakukan split testing? Atau menjalankan iklan yang berbeda secara bersamaan?

Split testing bisa diaplikasikan untuk semua seperti email, landingpage, postingan blog atau website, dan tentu saja iklan Facebook. Split testing yang baik akan membantu Anda mendapatkan peningkatkan pada ROI (Return On Investment) hingga 10 kali lipat.

Semuanya bisa ditest, hingga beberapa aspek kecil yang secara drastis dapat membantu meningkatkan performa iklan Anda. Berikut adalah beberapa elemen yang sering diuji:

  • Call To Action
  • Image (Gambar)
  • Teks/ Ad Copy
  • Posisi form (sebelah kanan atau kiri dari landing page)
  • Target Audiens

Baca Juga: Cara Memasang Iklan di Facebook Messenger dengan Mudah

3 Alasan Utama Kenapa Harus Melakukan Split Testing

Sekarang pertanyaannya, kenapa harus melakukan split testing agar iklan menjadi lebih efektif? Berikut ini 3 alasan utamanya.

Agar Budget Lebih Maksimal

Salah satu opsi dalam melakukan split test adalah membagi audience Anda dalam ads set dan menguji salah satu variabel, ad copy (copywriting) misalnya. Ini bertujuan untuk mengetahui ad copy dari iklan mana yang jauh lebih baik. Nanti Anda akan mengetahui iklan dengan ad copy seperti apa yang memiliki biaya paling rendah.

Ketika Anda ingin membuat iklan di Facebook, pasti Anda sudah menetapkan budget untuk iklan tersebut. Dengan menggunakan Split Testing, Anda akan menggunakan anggaran yang sama dan membaginya dalam beberapa variasi iklan.

Dan ini akan jauh lebih efektif untuk mengetahui bagaimana jenis iklan yang disukai oleh target audience Anda. Jika sudah demikian, maka potensi untuk closing juga akan semakin tinggi.

Target Audience Lebih Efektif

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu alasan utama kenapa Anda sebaiknya melakukan split test adalah dapat membantu Anda untuk menemukan audience terbaik. Dalam melakukan split test, Anda dapat menargetkan audiens yang terpisah dan menemukan audiens seperti apa yang terbaik untuk produk dalam iklan Anda.

Setelah menganalisa budget dan split test yang dibedakan mulai dari gender, usia, maupun lokasi, kini saatnya Anda melihat target yang seperti apa yang benar-benar terbaik untuk produk Anda.

Ini akan berguna pada saat Anda membuat iklan dengan target tertentu. Meskipun Anda memiliki iklan yang dilihat dari grafisnya bagus dan copywritingnya sangat persuasif, tapi apabila targetnya kurang tepat maka iklan Anda tidak akan berhasil. Dengan melakukan split testign ini akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Pengalaman yang Baik untuk Publisher

Split test memang tidak selalu mengubah hasil dari iklan Anda, namun tetap cara ini adalah salah satu jalan untuk mempermudah Anda untuk mendapatkan closing yang lebih banyak.

Mungkin, saat ini Anda sudah membuat iklan dengan baik mulai dari target audiens yang efektif seperti apa, teknik ads copy yang bagus seperti apa, hingga mendapatkan strategi terbaik untuk memasarkan produk Anda melalui iklan Facebook. Namun, Anda tidak akan memiliki semua itu tanpa melakukan split testing.

Untuk mengetahui apakah performa iklan Anda bagus, maka Anda perlu mengujinya. Jika hasil test pertama kurang bagus, yakinlah bahwa itu sudah menjadi awal yang baik dan sekarang adalah untuk membuatnya lebih baik selanjutnya. Split testing ini bertujuan untuk menciptakan strategi atau cara membuat iklan di Facebook agar lebih efektif baik dari segi biaya maupun target audiensnya.

Semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *