cara membuat instagram stories

Cara Membuat Instagram Stories dan Menganalisanya untuk Bisnis Anda

Posted on Posted in Social Media

Sudah tahu cara membuat Instagram Stories dan memanfaatkannya untuk perkembangan bisnis Anda? Dan apakah Anda menyadari bahwa ada manfaat yang cukup luar biasa pada instagram stories?

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai bagaimana cara membuat Instagram Stories, menggunakannya, serta menganalisanya yang fokuskan untuk bisnis Anda.

Kenapa Harus Menggunakan Instagram Stories?

Pastinya, setelah Anda sudah sering posting foto maupun video di Instagram, Anda mungkin juga akan tertarik untuk membuat di Instagram Stories. Instagram Stories ini akan membantu Anda untuk menambah lebih banyak orang yang dapat berinteraksi dengan akun Anda.

Ketika membuka aplikasi ini, maka yang muncul di paling atas adalah Instagram Stories dari orang yang mereka ikuti (following). Dan baiknya, jika Anda baru saja membuat Instagram Stories, maka kesempatan untuk dilihat para follower juga akan semakin tinggi.

Dan saat ini, jika followers Anda mengaktifkan notifikasi Instagram Stories terbaru, maka mereka akan mendapatkan notifikasi Instagram Stories terbaru dari Anda. Terlebih jika Anda sedang melakukan Live. Foto profil Anda akan menghiasi para follower Anda setelah Anda membuat Instagram Stories.

Jadi selain dapat melihat postingan biasa Anda, para follower kemungkinan besar akan melihat Instagram Stories Anda karena mereka tahu bahwa ini hanya akan berlangsung selama 24 jam. Jika Instagram Stories Anda viral, maka kesempatan untuk muncul di halaman penelusuran semakin besar, yang artinya stories Anda tersebut dapat juga dilihat oleh akun yang bukan follower Anda.

Indikator Instagram Stories juga akan terlihat ketika Anda membuat iklan yang ditautkan ke akun Instagram Anda. Ini berarti, apabila seseorang tidak atau kurang tertarik dengan iklan Anda, mungkin mereka lebih tertarik untuk melihat Instagram Stories Anda.

1. Mengkonfigurasikan Setting Instagram Stories Anda

Jika untuk bisnis, Anda pastinya harus ‘ingin’ menjangkau orang sebanyak mungkin melalui Instagram Stories ini. Untuk itu, Anda bisa mengatur pada bagian setting di sebelah kanan atas profil Anda, tanda titik tiga untuk Android atau gerigi setting pada iOS.

Setting ini akan membuat orang yang melihat stories Anda bisa mengirim direct message (DM) ke akun Anda. Dan mungkin akan men-share stories Anda melalui DM langsung ke teman-teman mereka. Para followers juga dapat secara otomatis menyimpan foto maupun video yang telah Anda tambahkan di Instagram Stories Anda.

Sebelum mempublikasikan stories, Anda juga dapat mengeditnya melalui ikon setting roda di bagian kiri atas.

2. Cara Membuat Instagram Stories dengan Memilih Format yang Tepat

Setelah siap, maka sekarang saatnya untuk memilih format stories Anda. Langkah pertama adalah dengan membuat stories melalui ikon kamera dengan tanda plus di sebalah kiri atas aplikasi Instagram Anda. Sebagai catatan, foto atau video yang bisa Anda upload di stories adalah tak lebih dari rekaman 24 jam sebelumnya. Itu termasuk beberapa foto atau video yang telah Anda download maupun kiriman dari aplikasi lain yang secara otomatis tersimpan di smartphone Anda.

Live Stories

  • Jika aplikasi Instagram Anda selalu update, maka salah satu format stories ini bisa Anda terapkan, yaitu dengan format Live (geser ke kanan). Live stories ini bisa berlangsung selama 60 menit. Selama melakukan Live video stories, Anda dan follower Anda yang melihat dapat berkomentar. Kolom komentar ini juga bisa Anda matikan. Apabila penonton live stories Anda dan memberikan like, maka akan muncul tanda hati di kanan bawah.
  • Setelah selesai melakukan Live, pilih End di pojok kanan atas. Anda kemudian akan diberikan pilihan untuk membagikannya selama 24 jam sebagai bagian dari stories Anda atau membuangnya. Akan tetapi, Anda juga masih dapat menyimpan hasil live tersebut ke perangkat Anda. Hanya saja, Anda tidak dapat mengedit (menambahkan link, stiker, teks) pada hasil rekaman Live Anda tadi.

Normal

  • Pada format ini, Anda bisa melakukannya seperti publish postingan seperti biasa. Dengan memilih foto atau video, Anda dapat menambahkannya pada Instagram Stories Anda, bisa menggunakan kamera depan maupun belakang.

Boomerang

  • Pada format ini, Anda akan menambahkan video bergerak selama lima detik. Selanjutnya, gerakan tersebut akan berulang dan menghasilkan video yang cukup unik.

Rewind

  • Setelah merekam selama 20 detik, maka format ini akan membuat video Anda menjadi terbalik.

Hands-Free

  • Hands free ini adalah untuk membuat stories dalam format video setiap 20 detik.

3. Edit Instagram Stories

Kecuali Live, setelah Anda memilih atau mengambil foto, Anda masih berkesempatan untuk mengeditnya sebelum di publish. Cara mengeditnya pun bervariasi pada beberapa ikon di sebelah kanan atas. Mulai dari menambahkan teks, emoticon, dll.

Menambahkan Link

  • Di stories ini, Anda juga dapat menambahkan link yang bisa Anda tempatkan link landing page maupun ke website Anda. Namun, opsi ini baru bisa dinikmati dengan akun Instagram yang terverifikasi dengan 10.000 followers.
  • Yang melihat stories tersebut, dapat menggeser layar ke atas atau ada teks See More untuk membuka URL yang telah ditentukan. Karena See More ini akan muncul di stories Anda, maka ada baiknya untuk memastikan stories Anda tidak menutupi teks tersebut.

Stickers

  • Stiker memungkinkan Anda menambahkan lebih banyak informasi dan aksesoris pada stories Anda.
    Ada beberapa stiker yang sering digunakan seperti Location dan #Hashtag. Kedua sticker tersebut sangat efektif untuk promosi lokasi tertentu seperti toko lokal.

Drawing

Anda dapat menggunakan tools drawing jika Anda ingin menambahkan aksesoris seperti anotasi, handwriting, atau drawing lain dalam stories Anda. Anda juga dapat mengganti warna pada foto atau video Anda dengan cukup memilih warna yang Anda suka.

Teks

Aksesoris lain yang bisa ditambahkan pada Instagram Stories Anda adalah menambahkan teks. Teks hingga mention @username lain.

4. Save and Share

Setelah selesai mengedit, Anda dapat memilih opsi berikut untuk menyimpan dan membagikannya. Ikon Save adalah untuk menyimpan strories Anda tersebut ke handphine. Sementara opsi kirim adalah untuk membagikan stories Anda kepada beberapa teman atau pada semua followers Anda. Ini adalah cara bagus jika Anda hanya ingin berbagi stories pada rekan kerja, klien, pelanggan/customer setia Anda, atau grup pertemanan saja. Dan tentu saja ini adalah salah satu cara bagaimana sukses jualan online di Instagram.

5. Cara Membuat Instagram Stories Agar Lebih Atraktif dan Meningkatkan Engagement

Jika Anda ingin membangun engagement dengan follower pada instagram Stories tapi tidak dapat menambahkan link, maka Anda bisa mengatur stories Anda. Triknya adalah dengan menambahkan seperti tanda panah (tanda pengarah) untuk mengirim pesan ke Anda. Lebih mudahnya, silakan cek gambar di bawah ini.

 

cara membuat instagram stories

Setelah itu, pastikan Anda selalu mengontrol kotak masuk (DM) Anda setiap kali setelah Anda posting Instagram Stories terbaru.

6. Lihat Analytics Data Instagram Stories Anda

Ketika akun Instagram Anda sudah diubah menjadi akun bisnis, maka akan ada beberapa opsi yang cukup menarik. Salah satunya adalah analisis selama 24 jam, 7 hari, dan 14 hari aktivitas terbaru pada stories Anda. Untuk melihatnya, Anda dapat memilih ikon analytics di bar pada halaman profil Anda. Atau langsung dilihat melalui stories dan lihat jumlah pemirsa atau nama pemirsa di bagian kiri bawah. Analytics dasar yang ada pada akun pribadi maupun bisnis adalah siapa saja yang telah melihat stories Anda beserta jumlah totalnya.

Tapi pada akun bisnis, Anda dapat melihat detail yang lebih banyak. Seperti melacak tayangan (impression), reach/viewers, hingga siapa saja yang membalas stories tertentu yang telah Anda publish. Impressions dihitung berapa kali foto atau video Anda dilihat.

Selain itu, Anda juga akan memiliki data analisis dari jumlah elemen tappable seperti stiker Location atau #Hashtag yang diklik.

So, seperti yang Anda lihat, cara membuat Instagram Stories sangatlah mudah dan cukup efektif untuk membuat jangkauan lebih besar dan memancing engagement yang lebih banyak.

Apakah Anda akan menggunakan Instagram Stories pada akun bisnis Anda? Atau ingin berbagi tips selain cara membuat Instagram Stories? Silakan share opini dan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Facebook Comments

2 thoughts on “Cara Membuat Instagram Stories dan Menganalisanya untuk Bisnis Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *