cara membuat landing page

Cara Membuat Landing Page Yang Efektif

Posted on Posted in Marketing Online

Sebelum Anda mengetahui tentang cara membuat Landing page, tentunya Anda harus mengetahui apa sebenarnya Landing page itu. Dalam terjemahan, Landing page memiliki arti halaman landas, dimana pengunjung akan mendarat pertama kalai pada website Anda.

Dalam sebuah ilmu CPA dan Affiliate Marketing, Landing page umumnya hanya berupa halaman yang sederhana. Dimana halaman tersebut berisi keterangan tentang offer yang akan Anda promosikan, dan tentunya link tersebut akan menuju offer.

Dengan kebutuhan akan Landing page, maka tak heran jika banyak yang mencari tantang  cara membuat Landing page. Umumnya jika tanpa Landing page akan memiliki skema, iklan-offer page- konversi, dimana dalam skema ini iklan akan langsung menuju halaman offer. Dengan begitu maka pengunjung akan meyelesaikan permintaan dari offer dengan menghasilkan komisi bagi Anda.

Namun jika menggunakan Landing page, maka skemanya akan menjadi iklan- Landing page-offer page-konversi, dimana dalam skema ini link pada iklan akan menuju Landing page yang telah Anda buat, dan Landing page tersebut berisi link yang akan menuju halaman Landing page.

Lalu mengapa cara membuat Landing page sangat dibutuhkan? Banyak orang yang beranggapan, mengapa harus membuat Landing page, yang justru akan memuat alurnya menjadi semakin panjang. Harus Anda ketahui, keberadaan Landing page tentunya memiliki manfaat yang sangat besar.

Misalnya dalam CPA makertik ataupun jenis pemasaran lainnya, tugas Anda adalah meyakinkan target Anda. Nah, Landing page ini akan bermanfaat untuk membuat pengunjung yakin sebelum menyelesaikan offer.

Ada beberapa alasan mengapa offer page saja tidak cukup yaitu offer page aslinya terkadang kurang maksimal serta offer yang Anda promosikan memiliki nilai yang terlalu tinggi. Jika Anda masih bingung, maka coba bayangkan atau ibaratkan misalnya Anda membeli mobil, tentunya Anda akan lebih yakin jika ada sales yang akan menjelaskan secara detail mobil yang akan dibeli, dari pada hanya menggunakan sebuah browser.

Nah, dari contoh ini tentunya keberadaan Landing page sangat berperan besar dalam meyakinkan pengunjung. Dengan hal ini tentunya Anda membutuhkan cara membuat Landing page. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui beberapa jenis Landing page.

Cara Membuat Landing Page Sesuai dengan Jenisnya

cara membuat landingpage

Umumnya Landing page yang sering digunakan ada 4, dimana setiap jenis Landing page memiliki efektivitas yang berbeda-beda terhadap offer maupun sumber traffic tertentu. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Lead capture Landing page

Dalam jenis Landing page ini, terdapat sebuah form yang digunakan untuk memasukan email. Dimana tujuan dari hal tersebut adalah untuk membangun email lain di samping mempromosikan offer Anda. Maka dengan adanya Landing page ini akan membuat Anda 2 tujuan Anda akan tercapai sekaligus, sehingga akan lebih efisien.

Namun ada juga jenis Landing page ini yang tidak membawa visitornya secara langsung pada halaman offer. Dimana Landing page jenis ini akan membangun email listnya terlebih dahulu, baru kemudaan membuat offernya dengan dikirim melalui email. Tetapi meskipun  begitu tipe kedua Landing page ini dapat digunakan pada semua jenis offer maupun sumber traffic dengan penjelasan secara singkat dari offer.

  1. Click-through Landing page

Jenis Landingpage ini merupakan Landing page yang paling sederhana. Karena isinya hanya 1 halaman yang singkat dari offer. Dan biasanya panjangnya tidak lebih dari layar komputer maupun smartphone, sehingga pengunjung tidak perlu scroll.

Landingpage jenis ini sangat cocok pada traffic dari PPV serta Pop-Up atau Pop Under, karena umumnya orang akan datang dari sini akan dengan cepat menutup browser. Sehingga Anda harus dapat menarik perhatian pengunjung dengan cepat.

Sebagai saran, sebaiknya gunakan Landing page jenis ini pada offer yang mudah diselesaikan seperti melakukan email, registrasi, instalasi dan download.

  1. Product detail Landing page

Sesuai dengan namanya, jenis Landing page ini berisi tentang detail informasi pada sebuah produk atau layanan. Contohnya dalam hal spesifikasi, testimoni, harga, serta informasi lainnya terkait dengan produk tertentu.

  1. Advertorial Landing page

Sama seperti namanya, Landing page jenis ini dibuat seperti advertorial atau iklan artikel yang memiliki gaya jurnalistik objektif. Contohnya sebuah artikel yang berupa hasil penelitian terhadap suatu manfaat produk yang Anda iklankan.

Jenis Landing page ini sangat cocok digunakan untuk offer dengan kategori weight loss, fitness, health dan terutama yang memerlukan pembelian produk dengan melakukan informasi kartu kredit.

Dengan adanya artikel dalam menjelaskan detail produk yang akan dipromosikan, maka pengunjung akan lebih percaya dari manfaat produk. Dengan begitu, konversi akan meningkat.

Komponen Vital Sebagai Cara Membuat Landing Page yang Efektif

cara membuat landing page

Dengan beberapa macam Landing page ini, tentunya dapat menjadi salah satu pilihan ketika Anda akan membuat Landing page. Namun sebelum Anda mengetahui  cara membuat Landing page, maka Anda harus mengetahui beberapa komponen vital yang dalam pembuatan Landing page. Dan jika ada komponen vital yang terganti, meskipun hanya satu, itu akan merubah Landing page.

Beberapa komponen vital dalam membuat Landing page yaitu:

  1. Headline atau judul

Judul tentunya merupakan komponen awal yang harus diperhatikan. Sebab pengunjung pertama kali akan tertarik dengan judulnya. Sehingga dalam hal in, pembuatan judul harus benar-benar semenarik mungkin, agar pertama kali pengunjung melihat langsung tertarik.

  1. Gambar

Selain melihat judul, pengunjung tentunya juga akan melihat ambar yang disajikan. Jika gambar yang disajikan menarik, tentunya pengunjung akan tertarik dengan website Anda. Bahkan hanya dengan gambar yang menarik tanpa melihat judul, seseorang akan langsung tertarik.

  1. Subjudul

Karena bisanya judul harus singkat, maka dengan adanya sub judul bisa membantu Anda dalam membuat penjelasan yang lebih detail. Namun jika judul telah menggambarkan secara jelas, maka tidak perlu lagi Anda subjudul.

  1. Penjelasan

Jika Anda telah berhasil menarik pengunjung, maka hal yang harus Anda perhatikan adalah penjelasan. Dimana penjelasan yang akan disajikan mampu menghanyutkan pengunjung dengan cara melakukan penjelasan dengan penyelesaian masalah yang sering dihadapi pengunjung.

  1. Call to action

Call to action merupakan tombol yang akan memberitahu pengunjung, dalam CPA marketing, umumnya call to action aka membawa pengunjung menuju halaman offer.

Salah satu cara membuat Landing page yang efektif adalah dengan membuat komponen-komponen tersebut dengan baik. Dan setiap pebuatan komponen tersebut kuncinya sama, yaitu menarik perhatian, dapat dipercaya, meyakinkan, serta dapat memancing pengunjung agar bergerak.

Selain hal tersebut, dalam membuat Landing page juga harus menggunakan traffic berbayar seperti iklan.

Memilih Domain yang Tepat untuk Landing Page

cara membuat landing page

Jika Anda akan memilih domain, maka sebaiknya menggunakan nama domain yang sesuai dengan kategori CPA offer yang dipilih. Jika offer yang dipilih adalah game, maka domain yang cocok adalah spesifikasi nama gem pada domainnya. Dan angan gunakan nama domain yang mencurigakan, karena akan membuat kepercayaan pengunjung menjadi hilang.

Landing page merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menangkap data pengunjung dengan nama tau email yang disimpan dalam data malling list. Karena keberadaan Landing page sangat berperan besar dalam menarik pengunjung, maka cara membuat Landing page harus benar-benar dilakukan dengan baik.

Misalnya dengan beberapa cara dibawah ini:

  1. Menggunakan aplikasi website yang dapat diatur, sehingga dapat mejadi sebuah Landing page.
  2. Membuat Landing page dengan cara memakai software merupa HTML editor.
  3. Membangun Landing page dengan memakai fitur aplikasi yang ada d Facebook.

Langkah-langkah dalam cara membuat Landing page tentunya harus dilakukan dengan benar. Hal tersebut agar Landing page dapat digunakan secara efektif. Karena bila Anda bisa membuat Landing page dengan tepat, maka tujuan Anda akan dapat dicapai dengan mudah.

Beberapa langkah cara membuat Landing page yaitu:

1.Mengatur Web Hosting

Langkah pertama dalam cara membuat Landing page yaitu Anda harus memiliki web hosting atau server yang aka menyimpan segala data website serta agar halaman dapat diakses oleh internet.

Jika Anda membutuhkan web hosting, sangat ini banyak layanan yang menyediakan web hosting, sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan kontrak sederhana dengan perusahaan agar mendapatkan ruang online sendiri dalam menyajikan Landing page serta aspek lainnya.

Beberapa hosting yang paling mendasar diantaranya yaitu VPS hosting, Shared Hosting dan Dedicated Server. Dimana ketiga jenis hosting ini memiliki tipe yang berbeda.

Shared hosting merupakan tipe yang paling rendah, karena dalam satu server dibagi untuk beberapa orang. Apalagi shared hosting tidak akan mampu menerima banyaknya traffic dalam satu waktu dari iklan yang Anda pasang, sehingga bila Anda menggunakan haoting jenis ini, maka membuat loading menjadi lama, dan lebih buruknya lagi Landing page akan mati.

Sedangkan pada dedicated server, Anda akan benar-benar mendapatkan server hanya untuk Anda sendiri, namun Anda harus siap menarik banyak pengunjung dalam waktu yang singkat. Sehingga hosting yang paling efektif digunakan adalah VPS hosting, karena ketika iklan diterbitkan. Maka akan langsung mendapatkan ribuan pengunjung.

2. Menggunakan Tools Web Design

Dalam membangun halaman, tentunya membutuhkan teks, gambar serta linya. Sehingga Anda harus menambahkan komponen tersebut agar tampilan halaman menjadi menarik. Beberapa hal yang Anda butuhkan dalam cara membuat Landing page yaitu:

  • Menggunakan jasa desain grafis dalam membuat website yang menarik secara visual. Bila Anda ingin mengerjakannya sendiri, maka sebaiknya menggunakan grafis kontras tinggi pada warna dan teks.

Selain itu, gaya font juga harus menarik. Beberapa komponen dalam pembuatan desain grafis web ini, tentunya bertujuan untuk membuat pengunjung tertarik dengan tampilan website Anda.

  • Mengoptimalkan website Anda dengan SEO. Hal ini memiliki tujuan agar konten yang nada buat benar-benar berkualitas serta bermanfaat untuk pengunjung. Dalam hal ini SEO dengan kata kunci tertentu, akan sangat efektif dalam menjadikan Landing page berperan secara efisien.
  • Templete website juga harus diperhatikan dengan baik. Meskipun templete tidak mutlak mempengaruhi Landing page, namun dengan adanya templete yang menarik tentunya juga akan mempengaruhi minat pengunjung.

Anda juga tidak perlu khawatir, karena sekarang ini telah banyak terdapat templete website yang disediakan di beberapa website. Sehingga dengan templete yang telah disediakan tersebut, dapat dikembangkan atau sesuai dengan selera Anda.

3. Autoresponder

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam cara membuat Landing page adalah autoresponder, dimana hal tersebut merupakan alat pendukung yang difungsikan sebagai penangkap serta target market.

Di samping itu, autoresponder juga sangat diperlukan dalam melakukan follow up atau tindak lanjut terhadap pengunjung. Dan cara ini untuk menggunakan informasi yang telah dihimpun dari pengunjung website agar menguntungkan untuk Anda.

4. Link media sosial

Cara membuat Landing page yang sukses adalah dengan menggunakan link media sosial. Hal ini agar dapat menjangkau pengunjung agar menuju Landing page Anda. Apalagi pengguna media sosial yang salah satunya facebook sangat banyak. Dengan begitu, jika Anda bisa membuat link media sosial, maka kemungkinan besar pengunjung website Anda akan bertambah banyak.

Manfaat Membuat Landing Page

cara membuat landing page

Seorang online marketer, tentunya sangat membutuhkan peran Landing page, karena Landing page dapat mengarahkan pengunjung untuk ke suatu produk yang Anda targetkan. Dalam hal ini tentunya membutuhkan cara membuat Landing page yang baik dan benar.

Dengan membuat Landing page yang tepat terhadap search engine dapat memberikan keuntungan bagi bisnis yang sedang Anda jalankan. Baik bisnis dalam PPC, amazone, Commission Junction, affilite, clickbank maupun lainnya.

Cara membuat Landing page yang benar adalah dengan membuat Landing page yang dapat memberikan informasi yang tepat sasaran, artinya apa yang dicari oleh pengunjung harus ada dalam Landing page yang Anda buat. Jika Landing page yang Anda buat menarik, maka pendapatan online marketer Anda akan sangat banyak.

Beberapa contoh yang bisa membantu Anda dalam membuat Landing page yaitu CMS Blogger, WordPress ataupun lainnya. Dalam CMS memiliki domain sendiri yang akan tampak lebih profesional dibandingkan dengan menggunakan yang gratis. Sehingga meskipun Anda harus mengeluarkan sedikit biaya, tentunya ini akan membantu Anda dalam meningkatkan penjualan.

Namun bila Anda hanya memiliki sedikit biaya, maka Anda bisa menggunakan jasa blogger dalam menyimpan Landing page. Dimana Anda hanya cukup dengan membuat custom domain yang dapat diarahkan pada blogger. Dengan begitu Anda tidak perlu menyewa ataupun menginstal CMS WordPress sebagai CMS.

Bila Anda telah menginstal tentunya Anda bisa memasang templete khusus pada Landing page. Seperti yang telah dijelaskan tadi, template memang bukan merupakan hal yang mutlak terpenuhi, namun meskipun begitu template juga akan mempengaruhi tampilan website Anda.

Bila tampilan website nyaman ketika digunakan untuk mengakses informasi, maka pengunjung akan datang kembali pada website Anda. Jika Anda tak memiliki banyak budget untuk membeli template, maka Anda bisa menemukannya di search engine, karena di sana terdapat banyak template gratis.

Landing page memang terlihat sederhana. Namun ternyata memiliki manfaat yang besar, diantaranya yaitu:

  • Untuk memperbesar ketertarikan pengunjung dalam melihat website
  • Agar memperkecil penolakan website dari pengunjung
  • Dapat menjaring alamat email dengan mudah dan cepat
  • Dapat menjual produk yang Anda promosikan dengan mudah dan tepat.

Membuat sesorang tertarik untuk mengunjungi website memang bukan hal yang mudah, namun dengan adanya Landing page yang akan mengarahkan banyak pengunjung agar mengklik website Anda tentunya merupakan cara yang paling efektif.

Hal tersebut tentunya harus ditunjang dengan cara memuat Landing page yang benar. Sebenarnya untuk membuat Landing page sangat mudah. Hal yang harus diperhatikan adalah melengkapi segala komponen penting dalam pembuatannya, sebab jika salah satu komponen penting hilang atau terganti, maka Landing page tidak akan berfungsi dengan baik.

Selain itu, pembuatan Landing page juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Hal terbut tentunya didukung dengan berbagai fitur yang disajikan oleh website tertentu.

Dalam hal Landing page, sebenarnya biaya tidak begitu menjadi kendala. Sebab banyak komponen pembuat Landing page yang disajikan secara gratis. Memang tak dapat dipungkiri jika untuk membuat Landing page mengeluarkan biaya akan lebih efektif ketika bekerja.

Namun meskipun begitu, berhasil atau tidaknya cara memuat Landing page ditentukan oleh bagaimana cara Anda membuatnya. Dalam hal ini tentunya tergantung dari teknik yang Anda miliki ketika membuat Landing page. Sehingga jika Anda ingin berhasil dalam pembuatan Landing page, maka Anda harus belajar dengan baik, bagaimana cara membuat Landing page yang baik dan benar. Dan untuk mempelajarinya, ada banyak media yang akan membantu Anda.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *