riset keyword

Cara Mudah Riset Keyword untuk Blog

Posted on Posted in SEO, Tips

Cara Mudah Riset Keyword untuk Blog – Sebelum membuat postingan di blog atau sebuah website, apa yang akan pertama kamu lakukan? Apakah melakukan riset keyword yang diinginkan? Riset keyword atau mencari kata kunci yang pas tujuannya tentu, masuk halaman tertinggi di mesin pencari, entah itu di Google, Bing, atau Yahoo.

Apabila keyword yang kamu siapkan untuk dimasukkan dalam artikel sudah tepat, bukan tidak mungkin blog atau website kamu akan segera menanjak ke halaman pertama Google. Yang terjadi bila sudah demikian adalah TRAFFIC terus-menerus berdatangan. Bagi kamu yang ingin meningkatkan pengunjung di blog atau sebuah website, maka riset keyword adalah WAJIB dilakukan.

Cara Riset Keyword Menggunakan Google Planner

riset keyword

Bagaimana cara mencari kata kunci yang pas? Ada banyak tools atau alat bantu yang bisa membimbing kamu untuk mencari kata kunci yang tepat dan sesuai yang kamu inginkan. Ada Semrush, Keywordtool, Ubersuggest, dan beberapa tools lain.

Mereka dapat membantu memberikan sugesti keyword untuk Anda mana yang terbaik. Mulai dari data CPC (Cost per Click), kompetisi iklan, hingga melakukan spionase keyword yang digunakan oleh kompetitor.

Namun, beberapa tools diatas tadi adalah tools berbayar yang mungkin sedikit memberatkan bagi beberapa dari Anda. Mereka juga menyediakan versi FREE, namun fitur yang diberikan tidak sehebat versi PRO (Berbayar). Adakah yang FREE alias GRATIS? Ada.

Pakai saja Google Keyword Planner. Ini adalah tools Gratisan dari Google yang cukup membantu kamu untuk melakukan riset keyword. Berikut caranya;

  1. Mendaftar di Google Adwords.
  2. Setelah berhasil daftar, silakan klik Tools/ Alat di menu atas.
  3. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman riset keyword dan pilih menu (dropdown) “Search for new keyword and ad group ideas” atau “Telusuri kata kunci baru menggunakan frasa, situs web, atau kategori.
  4. Setelah itu masukan keyword yang kamu inginkan, lalu pilih targeting Indonesia di bagian Location dan Bahasa (bawah), kemudian klik Get Idea (Dapatkan Ide).
  5. Kemudian kamu akan diarahkan ke hasil (data) pencarian. Beberapa data penting seperti tingkat kompetisi iklan hingga perkiraan nilai CPC-nya.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa mendownload seluruh keyword (keyword turunan) yang ada pada hasil tersebut dengan klik download. Hasil penelusuran keyword yang kamu lakukan mungkin tidak sebanyak yang kamu inginkan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggabungkan atau mengombinasikan beberapa keyword yang muncul tadi.

Memang, riset keyword ini bukan jaminan utama artikel atau blog kamu bakal langsung nangkring di halaman utama Google (Google SERP). Tapi setidaknya ini adalah usaha yang cukup baik untuk kamu lakukan agar mendapatkan banyak pengunjung.

Facebook Comments

One thought on “Cara Mudah Riset Keyword untuk Blog

  1. Selama ini tulis postingan sekedar mengalir tanpa research keyword. Bisa di coba nih toolnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *