iklan facebook murah

Tips Membuat Iklan Facebook Murah

Posted on Posted in Tips

Tips Membuat Iklan Facebook Murah – Terkadang, biaya iklan facebook murah adalah yang dikejar oleh para pengiklan. Di bawah ini Anda akan tahu cara termudah untuk mencapainya.

Apakah Anda masih bingung berapa sebaiknya budget iklan di facebook?

Ataukah Anda perlu menetapkan anggaran tertentu untuk iklan di facebook?

Pada artikel ini, Anda akan menemukan cara menetapkan anggaran (budget) iklan di Facebook untuk mendapatkan hasil yang baik.

  1. Tentukan Berapa Besar Pendapatan yang Anda Inginkan Pada Iklan Facebook Tertarget

Ini sebenarnya adalah langkah yang paling awal dan sederhana bagi pebisnis atau marketer.

Namun, sepertinya banyak yang telah melewatkannya.

Kebanyakan orang berpikir,

“Mari kita test budget iklan bulanan sebesar 1000 dollar dan lihat bagaimana hasilnya nanti”

Tidak salah memang dengan pendekatan ‘Lihat Bagaimana Hasilnya Nanti’ ini asalkan sudah diteliti dengan strategi yang matang, dilacak (data), dan sudah dioptimalkan. Biasanya, cara seperti ini dilakukan untuk retargeting.

Tapi yang paling sering adalah ketika beriklan, banyak yang fokus pada engagement (keterlibatan) hasil dari iklan itu sendiri. Padahal, engagement bukan bagian langsung dari pendapatan iklan.

Strategi yang lebih baik adalah mengganti pernyataan sebelumnya dengan ini,

“Berapa anggaran yang dibutuhkan untuk menghasilkan X dollar dalam sebuah iklan?”

Menetapkan target pendapatan (omzet) pada iklan Anda menginformasikan proses perencanaan iklan dan dapat membantu laporan ROI atau ROAS (return on ad spend) Anda.

Katakanlah Anda ingin menggunakan iklan Facebook murah untuk mendapatkan prospek (Lead Generation), menargetkan omzet bulanan 10.000 dollar. Jika margin produk Anda sekitar 1000 dollar, maka Anda memerlukan 10 penjualan per bulan yang berasal dari iklan di Facebook.

Selanjutnya, apabila Anda tahu bahwa dibutuhkan rata-rata 12 leads untuk menghasilkan satu penjualan, maka Anda membutuhkan 120 leads dari Facebook untuk mencapai omzet Anda. Paham kan?

Jika belum, Anda bisa membacanya sekali lagi karena memang ini adalah salah satu perhitungan sebelum Anda menghabiskan budget iklan yang lebih besar lagi.

  1. Cara Membuat Iklan di Facebook Menggunakan Custom Conversion

Setelah Anda memiliki target omzet, mari kita lihat cara mengonfigurasi Ads Manager Facebook untuk menunjukkan data yang Anda butuhkan.

Pertama, pasang dan konfigurasikan piksel Facebook sehingga Anda dapat melacak konversi dan memberikan ROI yang transparan. Ini adalah salah satu cara lain untuk mendapatkan iklan Facebook murah.

Setelah terpasang piksel, Anda membutuhkan Custom Conversion.

Misalkan, Anda ingin membuat konversi khusus untuk mengukur unduhan ebook. Buka Ads Manager dan pilih Custom Conversion.

iklan facebook murah

Kemudian klik Create Custom Conversion. Di jendela pop up, masukkan URL thank you page Anda, pilih kategori Leads dan klik next.

iklan facebook murah

Lalu masukan nama untuk konversi Anda dan klik Create. Sekarang, kapan saja orang melihat halaman ucapan terima kasih (setelah mengisi form leads generation), Facebook akan merekamnya melalui piksel tadi.

iklan facebook murah

Saat Anda membuat iklan di Facebook, pilih Conversion sebagai tujuan Anda dan pilih Custom Conversion pada conversion event.

iklan facebook murah

Poin di sini adalah semua persiapan dilakukan untuk menghasilkan lead generation.

Baca Juga: Cara Menjadi Jago Jualan dengan FB Ads

  1. Buat Dua Bagian Pada Iklan

Ketika Anda menghitung biaya per leads, audience , ad creative, dan strategi funnel akan dapat memberikan dampak yang besar pada hasil iklan Anda nantinya.

Pastinya, diharapkan Anda dapat membuat iklan Facebook murah untuk ke depannya.

Sebelum mengarahkan cold traffic ke landing page download ebook, berikan trip wire sebelum menawari mereka memasukkan alamat emailnya. Anda dapat menggunakan tahapan berikut:

  • Giring cold audience dengan postingan (konten) blog terbaik
  • Retargeting blog reader dengan lead magnet

Contohnya seperti di bawah ini.

  1. Menggiring cold audience dengan postingan

iklan facebook murah

  1. Retargeting pembaca postingan menuju landing page.

iklan facebook murah

Anda akan melihat kedua iklan ‘detoksifikasi’ tersebut, namun grafik dan ad copynya sangat berbeda. Dan cara ini dapat membantu mengurangi biaya per lead yang cukup signifikan.

  1. Sesuaikan dan Pantau Hasil Campaign Iklan Facebook Murah Anda

Setelah iklan running dan mengumpulkan data konversi, buka Ads Manager untuk melihat besarnya biaya iklan. Untuk melihat data yang relevan, Anda harus mengonfigurasi kolom untuk menampilkan custom conversion.

Untuk melakukannya, klik tombol Columns di sebelah kanan dan pilih Customize Columns dari menu drop-down.

iklan facebook murah

Kemudian pilih kotak centang untuk kolom yang ingin Anda tambahkan ke tabel hasil (di sebelah kanan). Berikut adalah lay out yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan laporan data di custom conversion.

iklan facebook murah

Setelah memilih, kemudian Save as Preset di pojok kiri bawah dan klik Apply di kanan bawah.

Jika Anda menambahkan kolom Book Download dan Cost per Book Download pada tabel hasil Anda, Anda akan dapat melihat berapa banyak leads yang berhasil Anda dapat dan berapa biaya untuk mendapatkan leads tersebut.

Contohnya, biaya iklan sudah mencapai 250 dollar dan mendapatkan 49 leads. Maka biaya per lead adalah 5.10 dollar.

Sekarang gabungkan kembali dengan target omzet Anda sebelumnya, yaitu menghasilkan 120 lead (10 sales) per bulan.

Berdasarkan hasil di atas, maka anggaran iklan di Facebook yang mestinya Anda keluarkan adalah sekitar 612 dollar.

Kebayang kan?

  1. Sempurnakan Campaign Iklan Facebook Murah Anda dengan LLA

Sekarang Anda telah merancang pagu anggaran iklan di Facebook berdasarkan target omzet. Namun, ada beberapa cara untuk meningkatkan hasil yang lebih optimal dengan iklan Facebook murah. Yakni;

  • Buat Lookalike Audience (LLA) berdasarkan leads Anda. Facebook akan menggunakan kombinasi data tersebut untuk menargetkan orang lain yang mirip dengan orang yang mengisi form leads Anda.

Tapi sebelum Anda membuat LLA, Anda harus membuat custom audience lagi dari orang-orang yang berhasil menyelesaikan custom conversion event Anda.

Setelah membuat custom audience tersebut, cari section Audience di Ads Manager. Kemudian klik Create Audience dan pilih Lookalike Audience dari menu drop-down.

iklan facebook murah

Kemudian pilihlah audience yang sudah konversi di Source. Lalu sesuaikan option lainnya dan akhiri dengan klik Create Audience.

iklan facebook murah

Kesimpulannya adalah…

Biaya atau anggaran iklan di Facebook yang Anda buat harus didasarkan pada kemampuan Anda mengolah data.

Trik di atas adalah cara tepat untuk mendapatkan respond langsung dari audience. Entah itu download atau sekedar klik. Mungkin juga bisa Anda terapkan jika ingin meningkatkan branding dan awarenes produk/jasa Anda.

Manfaat lain untuk membuat anggaran dengan cara ini adalah dapat menciptakan budaya atau kebiasaan Anda untuk selalu mendata dan pengoptimalkan campaign iklan di Facebook.

Karena selain untuk mengejar biaya iklan Facebook murah, juga untuk mendapatkan hasil (sales) yang banyak guna mencapai target omzet.

Apabila Anda sudah berhasil mencapai rata-rata biaya iklan per klik sebesar 0.30 dollar di bulan lalu, maka cobalah untuk mencapai 0.29 dollar pada bulan ini.

Setelah mencapai brakeven poin keuntungan, carilah peluang untuk memperbaiki margin Anda dengan mengurangi biaya per leadnya.

Semoga artikel tentang Tips Membuat Iklan Facebook Murah ini bermanfaat untuk Anda.

Untuk share dan komentar silakan isi di bawah.

Menarik untuk disimak, Bagaimana cara membuat auto order ke WhatsApp?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *