cara promosi di Instagram

11 Cara Promosi di Instagram Zaman Now

Posted on Posted in Jualan Online, Social Media

Ada banyak cara promosi di Instagram yang bisa Anda lakukan. Berikut ini ada 11 cara yang paling kami rekomendasikan untuk Anda.

Sudah mulai buka online shop melalui Instagram? Kenapa harus Instagram?

Media sosial seperti Instagram menjadi salah satu media yang menarik bagi Anda untuk berjualan, terlebih untuk jualan online.

Dengan market yang mencapai jutaan orang di Indonesia saja, tentu ini adalah pasar yang cukup menjanjikan untuk Anda masuki sebagai cara promosi barang secara online.

Lalu bagaimana cara promosi di Instagram agar penjualan produk atau jasa Anda semakin meningkat? Berikut ini ada 11 cara yang kami rekomendasikan bagi Anda selaku pemasar di Instagram.

Cara Promosi di Instagram yang Butuh Budget

Dalam kegiatan branding atau promosi barang, banyak pemasar yang memang sengaja untuk menyiapkan budget tertentu.

Tentu saja, harapannya adalah agar promosi yang pemasar lakukan secara gencar, dapat meningkatkan sales dari produk yang mereka promosikan.

Dan ini juga berlaku bila Anda melakukan promosi di Instagram.

Ada beberapa cara promosi lewat Instagram tapi Anda perlu menyiapkan budget tertentu. Antara lain;

1. Cara Promosi Online Shop di Instagram yang Paling Kekinian adalah Endorse Artis

cara promosi di Instagram

Bagi Anda yang miliki usaha online dan fokus menggarap target market di Instagram, pasti sudah tidak asing lagi dengan cara promosi di Instagram satu ini.

Ya, endorse adalah salah satu cara paling ampuh untuk mempromosikan produk Anda.

Dan promosi di Instagram Anda akan jauh lebih ‘nendang’ bila menggunakan jasa endorser artis. Mengapa?

Artis menjadi daya tarik pemasar untuk dijadikan sebagai brand ambassador produk mereka.

Pasalnya, sejumlah artis pasti memiliki fan base yang luar biasa banyaknya. Apalagi artis-artis yang sedang menanjak karirnya.

Akan tetapi, kendalanya adalah budget jika menggunakan artis sebagai jasa endorser. Ya, sang artis biasanya tidak mematok harga yang murah untuk setiap update post di Instagram. Bahkan, ada beberapa artis yang memasang harga hingga puluhan juta hanya untuk sekali post. Wow.

Solusinya adalah Anda bisa menggunakan jasa tokoh publik di sekitar area yang Anda targetkan. Tentu, juga melihat berapa jumlah follower dan apakah follower mereka real human atau robot.

Yang pasti, endorse adalah salah satu cara promosi di Instagram yang paling kekinian dan memang TERBUKTI dapat mendongkrak lead atau sales produk Anda.

2. Biar Tak Ketinggalan, Promosi di Instagram dengan Cara Beriklan

Kalau sedikit budget untuk promosi dan ingin mendapat efek yang lebih cepat, tentu ada cara lain yang tak kalah efektif dan juga saat ini dilakukan oleh banyak pemasar di Instagram. Yaitu IKLAN.

Menggunakan iklan berbayar adalah solusi efektif untuk meningkatkan jumlah follower, brand, maupun sales dalam waktu yang singkat.
Apabila iklan sesuai dengan target yang disasar, mungkin tidak mungkin akan closing produk yang cukup banyak.

Beberapa format iklan juga dapat menentukan performa iklan itu sendiri, selain targeting tentunya. Antara lain image (foto), video, atau Carousel.

Apakah Anda tertarik untuk segera beriklan di Instagram? Jika iya, maka segera gunakan Facebook Business Manager karena iklan di Instagram terkoneksi dengan Business Manager milik Facebook.

3. Promosi di Instagram jadi Kian Menarik dengan Mengadakan Kontes

Mengapa kontes ini menarik?

Ini adalah salah satu teknik branding yang cukup ok. Memberi hadiah kepada follower dengan memberikan pertanyaan tertentu, akan membuat engagement (keterlibatan) follower meningkat.

Engagement ini sangat menarik, karena bila dikombinasikan dengan iklan (Instagram Ads), maka data engagement dapat mempengaruhi traffic maupun sales Anda.

Akan banyak orang yang mengikuti kontes dari Anda, karena banyak yang menginginkan hadiah dari Anda. Walaupun banyak yang mengikuti, pastinya setiap kontestan akan berusaha untuk melakukan yang terbaik pada kontes yang Anda berikan. Apalagi, hadiah dari Anda cukup menarik.

Kontes yang diberikan bisa berupa photo challenge atau video.

4. Siapkan Kuis

Sebenarnya ini beda tipis dengan kontes. Hanya saja, kuis lebih bersifat ringan dan santai.

Sementara kontes biasanya butuh beberapa waktu persiapan bagi peserta yang mengikutinya.

Kuis akan menjadi lebih menarik apabila hadiah yang Anda berikan juga menarik. Belum lagi bila pertanyaannya sangat simple, pasti akan banyak peserta yang berlomba-lomba mengikuti kuis dari Anda.

Pada umumnya, pemberian kuis memang sifatnya lebih santai. Misalnya,

“Ada berapa telur pada postingan di atas? Siapa yang menjawab dengan cepat dan benar, maka dia berhak mendapat hadiah menarik dari kami”

Sudah bisa bayangin kan cara membuat kuis untuk promosi di Instagram Anda?

5. Ada Lagi, Berikan Giveaway

cara promosi di Instagram

Nah, yang sedikit beda lagi. Kalau Giveaway, adalah memberikan hadiah atau sesuatu yang menarik lain secara cuma-cuma alias GRATIS.

Misalnya, Anda bisa berikan voucher diskon, atau mendapatkan souvenir tertentu secara GRATIS.

Namun biasanya, giveaway ini akan diberikan secara gratis tapi ada beberapa persyaratan. Misalnya, kita menyuruh follower untuk menyukai, berkomentar, atau share postingan atau akun kita di akun mereka (seperti regram).

Memberikan giveaway ini adalah trik yang cukup ampuh dalam mendongkrak penjualan dalam waktu yang cukup singkat, maupun jumlah engagement dengan akun Instagram Anda.

6. Memberikan Promo Khusus

Mengapa promo termasuk cara promosi produk di Instagram yang berbayar?

Tentu, sebelum membuat promo tertentu, kita akan menghitung dan mengalkulasikan berapa omzet yang akan masuk.

Ketika menciptakan promo, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pasti jumlah omzet nanti akan berbeda apabila dibandingkan dengan harga normal.

Kenapa memberikan promo saat promosi?

Dimanapun, Anda pasti akan menjumpai promo discount tertentu pada setiap promosi produk, baik di offline maupun online (dalam hal ini Instagram). Terlebih pada brand baru.

Voucher diskon akan menjadi buruan bagi mereka yang gila belanja. Dan bagi shopaholic, informasi diskon akan selalu mereka nanti.

Diskon promo yang ditawarkan oleh online shop Anda akan membuat pengeluaran pembeli jadi lebih sedikit, karena ada potongan harga.

Akan tetapi, promo diskon ini tidak berlangsung seterusnya. Anda bisa membatasi penggunaan voucher diskon tersebut dalam beberapa waktu.

Contoh kalimat promosi barang di Instagram untuk pemberian voucher diskon ini antara lain;

  • Dapatkan potongan 50% di salon kami mulai periode 1-5 April 2018
  • Dengan beli Handphone di Toko Kami, Anda akan mendapatkan diskon 50% untuk setiap pembelian all aksesoris handphone
  • Selama bulan April ini, setiap transaksi yang Anda lakukan di gerai kami akan mendapat potongan 10% di setiap produknya

Cara Promosi Instagram Secara GRATIS Tapi Kreatif

Pada beberapa list di atas, adalah beberapa cara promosi di Instagram yang membutuhkan modal. Baik itu modal untuk iklan, meng-endorse artis, hingga pemberian hadiah berupa barang, voucher, atau giveaway.

Meski begitu, ada beberapa cara promosi di Instagram yang minim modal atau bahkan TANPA MODAL. Artinya, promosi yang Anda lakukan benar-benar tidak perlu mengeluarkan budget.

Contohnya di bawah ini;

7. Posting Image yang Menarik

cara promosi di Instagram

Yang paling utama adalah buatlah postingan yang menarik. Dalam hal ini adalah postingan dalam bentuk image atau gambar.

Pasanglah gambar yang bagus dan berkualitas.

Gambar dengan kualitas yang bagus akan membuat orang merasa tertarik dan kemudian menyukai postingan Anda.

Bila Anda konsisten dengan postingan gambar yang menarik, maka akan semakin banyak orang yang mendatangi akun Anda serta menyukai postingan Anda.

Dari gambar yang menarik ini, Anda bisa mengarahkan sejumlah follower untuk membeli produk atau jasa dari Anda.

Menciptakan gambar yang berkualitas rasanya saat ini cukup mudah. Terlebih sudah sangat menjamur smartphone dengan kecanggihan kamera yang tinggi.

8. Bikin Promosi Instagram Lebih Cetar dengan VIDEO

Selain dengan image atau foto, Anda juga bisa promosi Instagram melalui video. Dan ini adalah teknik yang sedang booming untuk perbanyak traffic maupun sales produk Anda.

Penggunaan video memang benar-benar efektif dalam menggaet calon buyer dari produk Anda hanya melalui Instagram.

Tapi terkadang, kendala yang dimiliki pemasar adalah keahlian membuat video seperti video branding.

Padahal, membuat video promosi juga bisa dilakukan dari Power Point. Coba lihat video di bawah ini.

Di video tersebut, sangatlah mudah Anda membuatnya jadi lebih tertarget sesuai dengan produk atau jasa Anda.

Video di atas adalah salah satu LEVIDIO PERSONAL BRANDING yang bisa dengan MUDAH Anda edit sesuai dengan keinginan Anda.

Ada 11 video branding lain yang bisa Anda pilih dan Edit. Lihat di sini >> http://bit.ly/levidio-branding

9. Postingan yang Informatif

Tentu, alasan lain untuk melihat akun Instagram Anda adalah informasi.

Followers Anda tentu menginginkan informasi sedetail mungkin dari produk yang Anda jual atau segala informasi yang berkaitan dengan produk Anda. Kemas semenarik mungkin di dalam postingan tersebut.

Katakanlah Anda jualan online shop di Instagram dengan kategori elektronik. Berikan informasi apa saja yang menarik seputar elektronik.

Contohnya:

  • Hindari 10 Penggunaan Elektronik dengan Cara Ini Agar Rumah Anda Tidak Terbakar
  • 10 Teknik Menggunakan Perangkat Elektronik Ini Biar Listrik Lebih Hemat
  • Waspada, 5 Perangkat Elektronik Anda Ini Bikin Tagihan Listrik Anda Jebol Setiap Bulan
  • Dan sejenisnya

Kombinasikan konten marketing di postingan Anda tersebut dengan image atau video yang menarik.

10. Cara Promote di Instagram yang Variatif, Bikin Postingan Kutipan atau Quotes

cara promosi di Instagram

Mungkin, ada kalanya followers Anda mulai jarang berinteraksi dengan apa saja yang Anda posting.

Salah satu penyebabnya adalah bosan. Terlebih postingan Anda berisi tentang jualan, jualan, dan jualan. Followers Anda mungkin akan merasa dijuali jika Anda membombardir mereka dengan postingan jualan.

Untuk menghindarinya, Anda bisa sekali-kali memposting tentang kutipan atau quotes yang mengandung semangat atau sejenisnya.

Ada banyak sumber informasi untuk membuat postingan tersebut. Ketika saja di Google dengan keyword ‘Fashion Quotes’ apabila target Anda adalah tentang fashion.

Ini akan dapat membantu meningkatkan kembali engagement followers dengan akun Anda.

11. Masih Kurang Mempan Cara Promosi di Instagram di Atas? Buat Lebih Interaktif

Ya, berinteraksi dengan para followers juga sangat baik sebagai cara promosi di Instagram.

Walaupun terlihat sepele, akan tetapi feedback yang ada bisa menjadi pertimbangan sendiri untuk brand Anda.

Misalnya dengan memberikan pertanyaan,

  • Apa sih yang kalian rasa kurang dalam produk kami?
  • Setelah menggunakan produk dari kami, Apa yang sudah Anda rasakan perubahannya?
  • Adakah masalah saat Anda memakai produk dari Kami?
  • Coba sebutkan, di sini siapa sih yang menggunakan produk dari kami?

Dari beberapa cara promosi di Instagram yang sudah kami sebutkan di atas, adakah dari Anda yang sudah menerapkannya? Jangan lupa share dan beri komentar di bawah ya…

Facebook Comments

One thought on “11 Cara Promosi di Instagram Zaman Now

  1. Give away juga banyak nih ya vang yang pake cara” jaman now ini, biar jajahan penjualan makin luas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *