contoh bisnis online syariah

Cara Memilih dan Contoh Bisnis Online Syariah

Posted on Posted in Jualan Online

Seperti apa saja contoh bisnis online syariah? Baca artikel ini sampai habis dan Anda bisa temukan beberapa ide bisnis online yang baik untuk Anda.

Mendengar tentang bisnis online syariah tentunya akan berfikir suatu bisnis yang dijalankan dengan syariah islam. Dengan banyaknya tingkat kesadaran akan pengetahuan tentang islam, maka banyak umat yang ingin menjalankan bisnis namun tetap pada syariat islam.

Sama halnya dengan bisnis lainnya, yang membedakan bisnis online syariah ini adalah konsep yang digunakan, dimana dalam menjalankannya didasarkan pada prinsip dan hukum islam. Misalnya, dalam melakukan transaksi dijalankan dengan halal, tanpa mengandung paksaan dan unsur riba.

Dalam pelaksanaannya, bisnis online syariah ini memenuhi unsur akad yang halal, serta perolehan keuntungan tidak mengandung unsur riba dan penipuan. Dengan banyaknya bisnis online yang ada di berbagai media tentunya harus secara jeli dalam memilih mana bisnis online syariah yang tepat.

Meskipun bisnis online syariah tanpa modal sekalipun, tentunya harus diperhatikan secara pasti bagaimana konsep yang ditawarkan. Sebenarnya jika Anda mencari bisnis online syariah sangat banyak. Sebagai contoh, peluang usaha menjual ebook dengan menggunakan sistem affiliate marketing. Dalam hal ini seseorang berperan sebagai boke dengan memperoleh keuntungan dari komisi penjualan ebook yang telah dijalankan.

Namun penjualan ebook bisa menjadi haram jika Anda menjual ebook dengan harga yang mahal, dimana pemilik ebook mendapatkan keuntungan uang besar sedangkan affiliate mendapat keuntungan yang kecil. Sebab dalam hukum islam, tidak boleh ada yang merugikan dan dirugikan.

Lalu bagaimana cara memilih bisnis online syariah yang halal dan terpercaya? hal yang sangat utama dalam cara memilih bisnis online syariah adalah dengan mengetahui asal susul keuntungan yang nakan Anda peroleh. Jika dirasa terdapat kejanggalan, maka Anda bisa meninggalkan bisnis online syariah tersebut.

Perlu Anda perhatikan, bisnis online syariah adalah bisnis online yang tidak memiliki unsur penipuan dalam transaksi, tidak mengandung unsur riba dalam keuntungan, dan tidak merugikan salah satu pihak. Jika Anda menemukan suatu bisnis online yang mengandung penipuan, riba, suap, serta lainnya maka jangan dipilih.

Beberapa contoh bisnis online syariah yang bisa Anda jalankan yaitu:

Contoh Bisnis Online Syariah dengan Affiliate marketing

Seperti yang telah dijelaskan tadi, salah satu contoh bisnis online syariah yang bisa Anda jalankan adalah bisnis affiliate. Dimana Anda menjadi perantara antara penjual dan pembeli, dan keuntungan yang Anda dapatkan adalah berupa komisi dari jasa yang Anda lakukan.

Dalam hal ini komisi juga telah tentukan sebelumnya, sehingga tidak akan terjadi penipuan atau riba. Bahkan dalam hal ini bisa dikatakan sebagai bisnis online syariah tanpa modal, sebab Anda hanya menjadi perantara, dan biaya pendaftarannya pun biasanya akan gratis.

Google Adsense

Salah satu bisnis online syariah yang bisa Anda pilih adalah dalam bidang periklanan. Dalam bisnis ini tidak akan mungkin terdapat penipuan, sebab keuntungan yang akan Anda peroleh adalah dari tergantung banyaknya klik ikan yang akan didapat.

Namun dengan catatan, Anda tidak kilik konten sendiri, dan tidak menyuruh orang lain untuk klik konten Anda. Artinya jumlah klik ikan yang Anda dapatkan adalah murni atas kemauan orang tersebut.

Namun dalam menjalankan bisnis online syariah ini, Anda membutuhkan keahlian dalam bidang membuat konten dan SEO. Sehingga akan banyak rank yang klik iklan tanpa Anda minta.

Contoh Bisnis Online Syariah Dropship

Affiliate marketing dan dropship sebenarnya hampir sama, yakni sebagai perantara dari proses jual beli. Namun bedanya adalah jenis barang yang dijual, jika affiliate sebagai perantara produk digital, maka dropship sebagai perantara penjualan produk fisik.

Menemukan bisnis online syariah sebenarnya sangat mudah, tergantung bagaimana Anda menjalankan. Bahkan beberapa contoh bisnis online syariah di atas bisa menjadi haram jika terdapat unsur penipuan dan riba di dalamnya. Sehingga bukan hanya bisnis apa yang akan Anda pilih saja, namun bagaimana Anda menjalankan juga menjadi acuan apakah itu benar-benar bisnis online syariah atau tidak.

Facebook Comments

One thought on “Cara Memilih dan Contoh Bisnis Online Syariah

  1. Syukur lah adsense termasuk dalam kategori bisnis syariah hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *